Ini Target Jakarnaval 2019 yang Dipatok DKI Jakarta
TEMPO.CO | 30/06/2019 07:23
Penari melakukan gladi resik untuk Jakarnaval parade tahunan bernuansa budaya yang diselenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta di depan Balaikota, Jakarta, Sabtu, 29 Juni 2019. Jakarnaval sebagai bagian dari rangkaian peringatan hari ulang tahun Jakarta ke 4
Penari melakukan gladi resik untuk Jakarnaval parade tahunan bernuansa budaya yang diselenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta di depan Balaikota, Jakarta, Sabtu, 29 Juni 2019. Jakarnaval sebagai bagian dari rangkaian peringatan hari ulang tahun Jakarta ke 492. TEMPO / Hilman Fathurrahman W

TEMPO.CO, Jakarta - Jakarnaval 2019 akan digelar hari ini, Ahad, 30 Juni 2019, dengan tema “Wajah Baru Jakarta.” Karnaval terbesar di DKI Jakarta tersebut menampilkan parade budaya, parade moderen, dan parade mobil hias. Pesertanya warga Jakarta, dari pelajar, pekerja seni, hingga komunitas.

"Kami berharap Jakarnaval tahun ini mampu mendongkrak sektor pariwisata," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Edy Junaedi, melalui pesan tertulis, Sabtu, 29 Juni 2019.

Baca: Ini Beda Jakarnaval 2019 Dibanding Tahun Lalu

Menurut dia, penyelenggaraan Jakarnaval merupakan penanda Jakarta sebagai kota besar yang memiliki karnaval yang tidak kalah dengan kota-kota besar di dunia. Jakarnaval 2019 akan memberikan hiburan bagi masyarakat dan meningkatkan turis.

Adapun rute parade budaya dan parade moderen Jakarnaval 2019 berawal dari depan Balai Kota DKI Jakarta belok ke Jalan M.H. Thamrin lalu berputar di tugu jam M.H. Thamrin untuk kembali ke Tugu Monas. Sedangkan rute parade mobil hias dimulai dari depan Balai Kota berbelok ke arah Jalan M.H. Thamrin dan berakhir di Bundaran Hotel Indonesia. Pawai akan berlangsung nanti sore, sekitar pukul 15.00–17.30 WIB.

"Sebanyak 5.000 orang akan berpartisipasi dalam pawai budaya dan 25 kendaraan untuk parade mobil hias. Masyarakat bisa menikmati acara ini secara gratis," ucap Edy.

Baca juga: Ulang Tahun Jakarta 2019, Jakarnaval Dapat Anggaran Rp 4 Miliar

Masyarakat yang akan menonton Jakarnaval 2019 disarankan memanfaatkan transportasi umum, seperti bus Transjakarta yang bisa turun di Halte Balai Kota atau menggunakan kereta Commuter Line turun di Stasiun Gondangdia, Jakarta Pusat. Penonton bisa menunggu iringan-iringan pawai di sepanjang Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat.

MUH HALWI


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT