Tukang Getek Cemas Ma'ruf Amin Wapres Terpilih, Kenapa?
TEMPO.CO | 30/06/2019 05:00
Perahu penyeberangan alias getek di Kali Sindang, Koja, Jakarta Utara, yang biasa dimanfaatkan Ma'ruf Amin karena dekat rumah tinggalnya. Ma'ruf kini Wapres RI terpilih. TEMPO/MUH HALWI
Perahu penyeberangan alias getek di Kali Sindang, Koja, Jakarta Utara, yang biasa dimanfaatkan Ma'ruf Amin karena dekat rumah tinggalnya. Ma'ruf kini Wapres RI terpilih. TEMPO/MUH HALWI

TEMPO.CO, Jakarta - Sejumlah tetangga mengungkap aktivitas sehari-hari Ma'ruf Amin, Ketua MUI dan kini Wapres RI terpilih. Di antaranya adalah pak kyai, sapaan untuk Ma'ruf, yang terbiasa menumpang getek menyeberangi kali dekat tempat tinggalnya di Koja, Jakarta Utara.

Baca: Rumah Wapres Terpilih Ma'ruf Amin Dekat Kali Kumuh Banyak Sampah

Edi, pemilik getek, mengungkapkan, Ma'ruf biasa menyeberangi kali untuk mendatangi Rambo, tukang pangkas rambut langganannya. "Naik perahu ini paling dekat," katanya ketika ditemui, Sabtu 29 Juni 2019.

Aktivitas lainnya adalah naik bus dekat jalan tol ataupun ke halte busway Transjakarta. "Menyeberang dari sini, sering banget," ujar Edi menambahkan. 

Menurut Arman, saudara Edi, Ma'ruf sering menggunakan jasa perahu penyeberangan itu sejak masih muda. Getek menjadi satu-satunya penghubung karena tidak ada jembatan. 

Edi, Arman, dan beberapa warga lainnya berharap kondisi penyeberangan di Kali Sindang itu dipertahankan meski Ma'ruf jadi Wapres RI nanti. "Karena kalau ada jembatan akan memudahkan maling beroperasi," begitu alasannya. 

Baca : Ma'ruf Amin Akrabi Pasar Tumpah Dekat Rumah

Mereka hanya meminta bagaimana Kali Sindang bisa lebih rapi dan tidak kumuh. Mereka berharap adanya normalisasi berupa pembangunan tanggul dan kali dikeruk sehingga saat musim hujan tak lagi banjir.

"Tapi untuk jembatan tidak usah, karena ini juga kami cari rezeki lewat sini," kata Edi berharap kepada pak Kyai atau Ma'ruf Amin. "Selain itu warga juga tidak setuju karena jadi banyak kehilangan motor, maling jadi mudah kalau ada jembatan," ujarnya menambahkan.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT