Massa di MK Bubar, PPSU Sibuk Bersih-bersih Lokasi Aksi
TEMPO.CO | 27/06/2019 20:40
Sebagian massa pendemo Sidang MK di sekitar kawasan Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat, Kamis 27 Juni 2019. TEMPO/Muh  Halwi
Sebagian massa pendemo Sidang MK di sekitar kawasan Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat, Kamis 27 Juni 2019. TEMPO/Muh Halwi

TEMPO.CO, Jakarta - Petugas Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) Kelurahan Gambir dan petugas Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat mulai membersihkan lokasi unjuk rasa di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat setelah massa aksi putusan MK membubarkan diri.

"Kami sifatnya langsung membantu petugas PPSU yang bertugas, karena terkait lingkungan," kata Pengawas Lapangan Suku Dinas Lingkungan Hidup di Kecamatan Gambir, Aswan, Kamis, 27 Juni 2019.

Baca: Cegah Kejadian Serupa 22 Mei, Polisi Antisipasi Massa Balik ke MK

Menurut Aswan, petugas kebersihan mulai turun sekitar pukul 17.00 WIB di antaranya di Jalan Thamrin menuju Jalan Medan Merdeka Barat serta di Jalan Silang Monas Barat Daya menuju Medan Merdeka Selatan hingga Stasiun Gambir.

Dari pantauan Antara, petugas PPSU Kelurahan Gambir saling bahu-membahu dengan petugas Suku Dinas Lingkungan Hidup membersihkan sampah yang berserakan di kawasan Jalan Medan Merdeka Barat. Ada yang bertugas menyapu dan ada juga yang mengumpulkan sampah menggunakan kantong plastik sampah berwarna hitam. Satu unit truk sampah terparkir di samping Patung Kuda untuk menampung sampah yang dikumpulkan.

Baca: Bubarkan Diri dari Aksi Putusan MK, Massa Emak-emak Menangis

"Dari masing-masing wilayah menurunkan satu mobil sweeper (penyapu) jalan dan satu truk, agar Jakarta kembali bersih," kata Aswan.

Sebagian besar massa sudah membubarkan diri sejak sore hari. Namun masih ada sebagian kecil massa yang tetap bertahan di sekitar kawasan Patung Kuda. Meski begitu, aparat polisi dan TNI masih berada di lokasi untuk mengantisipasi jika ada massa yang kembali. Sampai berita ini ditulis, majelis hakim konstitusi masih membacakan putusan MK terkait sengketa pilpres 2019.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT