Kunjungan AHY-Ibas, Demokrat: SBY Titip Salam
TEMPO.CO | 06/06/2019 11:48
Puan Maharani berfoto bersama Megawati Soekarnoputri, Agus Yudhoyono, Annisa Pohan, Edi Baskoro Yudhoyono, dan Siti Ruby Aliya Rajasa saat merayakan Lebaran 2019. instagram.com/puanmaharaniri
Puan Maharani berfoto bersama Megawati Soekarnoputri, Agus Yudhoyono, Annisa Pohan, Edi Baskoro Yudhoyono, dan Siti Ruby Aliya Rajasa saat merayakan Lebaran 2019. instagram.com/puanmaharaniri

Jakarta-Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan mengatakan, kunjungan Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY dan Edhie Baskoro Yudhoyono ke Presiden Joko Widodo, mantan Presiden Megawati Soekarnoputri, dan mantan Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie diketahui dan direstui ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono.

"SBY menitipkan salam melalui para puteranya untuk Jokowi, Megawati, serta Habibie," kata Hinca kepada TEMPO, Rabu, 5 Juni 2019.

BACA: Selain ke Jokowi dan Megawati, AHY-Ibas Kunjungi Habibie

Meski demikian, menurut Hinca, kunjungan tersebut tanpa maksud politik atau rencana koalisi Partai Demokrat dengan pemerintahan Jokowi. Dia mengklaim kunjungan tersebut hanya silaturahmi di Perayaan Idul Fitri.

Dia juga mengatakan, Yudhoyono tak bisa ikut bersama kedua puteranya karena masih harus beristirahat di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat. SBY disebut masih dalam suasana berkabung pasca meninggal istrinya, Kristiani Herrawati atau Ani Yudhoyono.

BACA: AHY: Jokowi Minta Saya Jadi Jembatan Komunikasi dengan SBY

Soal arah koalisi Partai Demokrat, Hinca menilai, silaturahmi para tokoh partainya bukan sinyal politik. Dia tetap berkukuh tindakan itu hanya merawat tradisi semata. "Biarkan silaturahmi di hari lebaran ini menjadi wisdom bangsa ini dari waktu ke waktu," ujar dia.

BACA: AHY-Ibas Temui Jokowi Megawati Habibie, Bamsoet: Saya Angkat Tangan

Kemarin, AHY dan Ibas mengunjungi Presiden Jokowi di Istana Merdeka. Kedua istri mereka, Annisa Pohan dan Aliya Rajasa juga turut dalam kunjungan itu. Mereka berempat diterima oleh Jokowi didampingi Iriana dan Kaesang Pangarep, istri dan putra bungsu Jokowi.

Selanjutnya AHY, Ibas, Annisa, dan Aliya menemui Presiden ke-5 sekaligus Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri di kediaman Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat. Megawati menerima tetamunya ini didampingi dua anaknya, Puan Maharani dan Prananda Prabowo.

Terakhir, rombongan keluarga Yudhoyono mengunjungi Presiden ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie di kediamannya, Kuningan, Jakarta Selatan.

Pertemuan-pertemuan itu di antaranya terlihat dari foto-foto yang dibagikan tim media AHY diunggah oleh Puan Maharani di instagram pribadinya. Dalam teks foto, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu menulis, "Di Teuku Umar dengan AHY dan EBY."

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT