Pemimpin Dunia Ucapkan Selamat Merayakan Idul Fitri
TEMPO.CO | 05/06/2019 13:44
Harga barang pokok yang meningkat selama liburan membuat keluarga Yaman frustrasi di ibu kota, Sanaa [Naseh Shaker / Al Jazeera]
Harga barang pokok yang meningkat selama liburan membuat keluarga Yaman frustrasi di ibu kota, Sanaa [Naseh Shaker / Al Jazeera]

TEMPO.CO, Jakarta - Sejumlah pemimpin dunia mengucapkan selamat Idul Fitri bagi umat Muslim sedunia.

Raja Salman dari Arab Saudi mengucapkan selamat Idul Fitri kepada seluruh umat Muslim di dunia. Arab Saudi dan sejumlah negara-negara Arab merayakan Idul Fitri pada hari Selasa, 4 Juni 2019.

Baca juga: 50 Ribu Orang Hadiri Open House Idul Fitri di Rumah PM Mahathir

Dalam ucapan selamat Idul Fitri yang disampaikan oleh Menteri Media Arab Saudi, Turki Al=Shabanah, raja Salman mengharapkan perdamaian dan kemakmuran bagi umat Muslim di negaranya dan seluruh dunia.

Raja Salman juga berharap agar Allah membantu umat Muslim untuk mencapai apa saja yang baik bagi umat, dan mempersatukan umat Muslim untuk mengikut Qur-an dan sunnah Nabi.

Raja Salman dan putra mahkota Mohammed bin Salman juga mengirimkan ucapan selamat Idul Fitri kepada sejumlah raja, pemimpin negara, pemimpin pemerintahan, dan pemimpin Muslim di sejumlah negara.

Raja Salam melakukan salat Idul Fitri di Masjid Agung di Mekkah bersama putra mahkota, sejumlah pangeran, menteri, pejabat-pejabat senior termasuk Gubernur Mekkah, Pangeran Khalid al-Faisal.

Baca juga: Donald Trump dan Ibu Negara Ucapkan Selamat Idul Fitri

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau mengucapkan selamat Idul Fitri kepada umat Muslim di seluruh dunia.

Trudeau mengawali ucapan selamat Idul Fitri dengan mengucapkan Assalam walaikum.

"Idul Ftiri menandai akhir dari bulan suci Ramadan. Setelah sebulan berpuasa dan relfeksi spiritual, Idul Fitri merupakan waktu bagi komunitas dan merayakannya dan ini kesempatan untuk menghormati nilai-nilai yang berada di jantung Islam... dari pelayanan hingga kemurahan hati untuk berdamai dan menaruh kasih sayang," kata Trudeau, seperti dikutip dari Geo TV, 4 Juni 2019.

Trudeau menegaskan pemerintahannya bersama-sama komunitas Muslim di Kanada ana melanjutkan upaya memerangi Islamfobia dan ujaran kebencian dalam segala bentuk.

"Bersama kita akan membangun Kanada lebih baik," kata Trudeau.

Baca juga: 2 Tokoh Inggris Ucapkan Selamat Idul Fitri untuk Muslim Sedunia

Perdana Menteri India, Narendra Modi mengucapkan selamat Idul Fitri melalui akun Twitter.

Modi mengunggah ucapan selamat Idul Fitri berbentuk kartu ucapan Selamat Idul Fitri dalam dua bahasa, Inggris dan India lengkap dengan foto Modi dan tandatangannya.

"Have a blessed Id-ul-Fitr," tulis Modi di Twitter.

Perdana Menteri yang juga Wakil Presiden Uni Emirat Arab, Sheikh Mohammed bin Rashid al Maktoum mengucapkan selamat Idul Fitri kepada umat Muslim di Uni Emirat Arab dan seluruh dunia.

"Semoga kita semua merayakan Idul Fitri penuh damai dan diberkati," kata Sheikh Mohammed via Twitter.

Umat Muslim di seluruh dunia diperkirakan merayakan Idul Fitri hari ini. Kecuali Arab Saudi, beberapa negara Arab merayakannya kemarin.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT