Lewat Jalan Daendels Tuban, Pemudik Banyak Pilihan Obyek Wisata
TEMPO.CO | 19/05/2019 21:57
Pengunjung menikmati Wisata Taman 'Bukit Daun' di Tuban, Jawa Timur, 22 Februari 2018. Tempat wisata dahulunya merupakan tambang batu kapur milik Semen Indonesia. ANTARA
Pengunjung menikmati Wisata Taman 'Bukit Daun' di Tuban, Jawa Timur, 22 Februari 2018. Tempat wisata dahulunya merupakan tambang batu kapur milik Semen Indonesia. ANTARA

TEMPO.CO, TUBAN - Pemudik yang memilih perjalanan melalui Jalan Daendels di jalur pantura Tuban dapat beristirahat sejenak dengan singgah di berbagai obyek wisata di sana. Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban merekomendasikan sejumlah lokasi wisata bagi pemudik, baik wisata pantai, religi, kuliner, dan goa.

Baca juga: Tiket Pesawat Mahal, Jumlah Pemudik Via Darat Akan Naik 30 Persen

Menurut Kepala Disparbudpora Kabupaten Tuban, Sulistiyadi, pariwisata di jalur pantura Tuban cocok untuk disinggahi karena ada banyak pilihan untuk beristirahat. Mulai dari istirahat di pantai, juga pemandian sumber mata air, yaitu di Bekti Harjo, Semanding. ”Jadi, banyak pilihan untuk berwisata,” ujarnya kepada Tempo, Ahad 19 Mei 2019.

Menurut Sulistiyadi, paket wisata Tuban akan ikut dipromosikan di lima pos rest area mudik 2019. Lokasinya sepanjang pantura dan jalan tembus menuju ke Babat, Lamongan. ”Agar tahu, Tuban banyak spot wisatanya,” imbuhnya.

Jalur pantura Tuban, selama ini memang menjadi jalan strategis bagi para pemudik. Jalur ini menjadi penghubung Kota Semarang, Jawa Tengah menuju Kota Surabaya Jawa Timur. Jika ingin menikmati pantai, jalur pantura Tuban, jadi alternatif untuk dilewati para pemudik.

Ada beragam tempat rekreasi yang menarik dan lokasinya tidak jauh dari kawasan pantai. Mulai dari ujung barat Kabupaten Tuban, tepatnya di Kecamatan Bancar-berbatasan dengan Kecamatan Sarang, Rembang, Jawa Tengah. Di kecamatan itu terdapat Wana Wisata Pantai Sowan, di Dusun Sowan, Desa Bogorejo. Wisata pantai dengan luas 17 hektare ini, cocok untuk singgah dan istirahat bagi pemudik.

Bergeser ke timur, ada Wisata Pasir Putih Pantai Remen, di Desa Remen Kecamatan Jenu atau berjarak sekitar 15 kilometer dari Kota Tuban. Masuk Kota Tuban, terdapat Pantai Bom, bekas pelabuhan di era penjajah Belanda ini berdekatan dengan Alun-alun Kota Tuban. Di Wisata Pantai Bom, terdapat tanah menjorok ke laut panjang 500 meter.

Tak jauh dari lokasi itu juga terdapat wisata religi Makam Sunan Bonang satu dari sembilan Wali Songo di Pulau Jawa—sekitar 200 meter sebelah barat Alun-alun Kota Tuban. Di Kota Tuban juga terdapat Wisata Goa Akbar, yang lokasi masuk di bawah tanah yang atasnya adalah Pasar Besar Kota Tuban. ”Ya, lokasi pintu masuk goa di sekitar pasar,” ujar Huda, warga Kota Tuban.

Baca juga: Pengaturan Sistem One Way Tol Trans Jawa Saat Mudik 2019

Wisata religi juga terdapat makam Syeh Maulana Ibrahim Asmoro Qondi, yang tak lain adalah Ayah dari Sunan Ampel di Surabaya, juga satu dari sembilan Wali Songo di tanah Jawa. Lokasi makam berada di Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, atau sekitar 17 kilometer arah timur Kota Tuban. Di Kecamatan Palang, terdapat rekreasi Pantai Kelapa, tepatnya di Desa Gesikharjo atau sekitar enam kilometer dari sebelah timur Kota Tuban.

SUJATMIKO


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT