Rekapitulasi Suara di Jakarta Timur Meleset dari Target, Kenapa?
TEMPO.CO | 12/05/2019 19:17
Rapat  pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan penghitungan suara oleh KPU DKI Jakarta di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat, 10 Mei 2019. TEMPO/Lani Diana
Rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan penghitungan suara oleh KPU DKI Jakarta di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat, 10 Mei 2019. TEMPO/Lani Diana

TEMPO.CO, Jakarta -Rekapitulasi suara di tingkat kecamatan Jakarta Timur masih berlangsung hingga hari ini. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos mengatakan, masih ada tiga kecamatan yang belum menyelesaikan rekapitulasi, yakni Duren Sawit, Pulogadung, dan Cakung.

"Memang dokumen yang dibutuhkan cukup banyak dan mereka membutuhkan waktu untuk itu," kata Betty di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Minggu, 12 Mei 2019.
Baca : Hari Terakhir, Rekapitulasi Suara di DKI Belum Dilanjutkan

Menurut Betty, penghitungan suara harus diselesaikan di tingkat kecamatan terlebih dulu. Baru setelahnya KPUD dapat menggelar rekapitulasi tingkat kota. Rekapitulasi kemudian berlanjut ke tingkat provinsi.

"Untuk Timur sendiri saya berharap kalau bisa malam ini selesai," ucap Betty.

Waktu rekapitulasi ini tak sesuai dengan target KPU. Sebelumnya Betty memaparkan, rekapitulasi suara tingkat provinsi diagendakan rampung Ahad, 12 Mei 2019. Rekapitulasi dilakukan berjenjang mulai dari level kecamatan yang harus selesai Sabtu, 4 Mei 2019.

Setelah itu dilanjutkan dengan rekapitulasi tingkat kabupaten dan kota yang target selesai Selasa, 7 Mei 2019. Selanjutnya rekapitulasi tingkat provinsi lalu nasional dengan batas waktu terakhir Rabu, 22 Mei 2019.

KPU DKI memulai rekapitulasi suara dan penetapan hasil penghitungan perolehan suara pemilihan umum (pemilu) di tingkat DKI pada 9 Mei 2019. Rekapitulasi dilaksanakan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.
Simak juga :
Antisipasi Petugas Tumbang Saat Pleno, Ini Langkah KPU DKI

Perwakilan saksi dari 16 partai politik yang berpartisipasi dalam pemilu 2019 menghadiri rekapitulasi tersebut. Adapun suara yang dihitung adalah capres-cawapres, DPR RI, DPRD DKI, dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) DKI.

Hingga hari ini, KPU DKI baru melakukan rekapitulasi suara dari empat kota, yaitu Kepulauan Seribu, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Barat.  Untuk rekapitulasi di Jakarta Utara saat ini sedang berlangsung. Betty berharap KPUD Jakut mengantar hasil penghitungan suara ke KPU DKI siang ini. Dengan begitu, rekapitulasi provinsi diprediksikan berlangsung malam harinya.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT