Dampak Perang Dagang, Harga Koper Hingga Vacum Cleaner Cina Naik
TEMPO.CO | 11/05/2019 12:56
Ekspresi Presiden Donald Trump, saat ikut mewarnai menggunakan crayon ketika merayakan Hari Raya Paskah dalam White House Easter Egg Roll di Washington, 22 April 2019. REUTERS/Jonathan Ernst
Ekspresi Presiden Donald Trump, saat ikut mewarnai menggunakan crayon ketika merayakan Hari Raya Paskah dalam White House Easter Egg Roll di Washington, 22 April 2019. REUTERS/Jonathan Ernst

TEMPO.CO, Jakarta - Berbagai produk konsumen produksi China yang dijual di Amerika Serikat bakal terkena imbas perang dagang antara kedua negara. Perang dagang menyebabkan AS menetapkan tarif masuk terhadap produk buatan China dari 10 persen menjadi 25 persen.

Baca: Trump Sebut Bakal Naikkan Tarif Impor dari Cina Jadi 25 Persen

Tarif baru tersebut bakal dikenakan pada berbagai produk sehari-sehari di AS mulai dari daging, furnitur, auto parts, termasuk vacum cleaner, tas, hingga lampu.

Pada Jumat, 10 Mei 2019 Pemerintah Amerika Serikat (AS) menaikkan tarif masuk produk-produk Seperti dikutip Reuters, Sabtu, 11 Mei 2019, ini beberapa contoh produk yang terkena imbas kenaikan tarif baru.

Pertama adalah sektor terbesar yang akan terpengaruh adalah kategori internet modem, routers, dan peralatan transmisi data lainnya. Salah satu router yang masuk pada kategori ini adalah Motorola Solutions Inc’s Dual-Band AC1900 Router. Perusahaan terkait tidak memberikan respon ketika dikonfirmasi oleh Reuters.

Produk kedua yaitu papan sirkuit cetak (printed circuit board) iuga masuk dalam daftar yang terimbas tarif baru itu. Salah satu produknya adalah Strix Z390-E Gaming motherboard yang diproduksi oleh ASUSTEK Computer Inc.

Produk keamanan seperti alarm kebakaran dan alarm anti pencuri juga yang termasuk terkena imbas. Salah satu produknya adalah Protect 2nd Gen Smart Smoke/Carbon Monoxide Wired Alarm yang diproduksi oleh Alphabeth Inc. Google.

Keempat, lampu. Masyarakat AS yang harus membeli lampu untuk rumahnya juga harus menghadapi kenaikan harga karena tarif baru ini akan dikenakan terhadap semua produk kategori lampu, baik yang berbasis metal maupun tidak. Home Depot Inc.yanv menjual lampu buatan China melalui Hampton Bay dan merek Alsy adalah beberapa produk di kategori ini.

Jika perang dagang ini tidak berakhir hingga akhir tahun ini, konsumen AS kemungkinan harus membayar lebih untuk membeli aksesoris lampu untuk dekorasi Natal. Salah satu produsen yang masuk kategori ini adalah Brizled.

Daftar tarif baru itu juga mencakup produk vacum cleaner, salah satunya Shark Navigator Light Upright Vacuum NV105.

Konsumen juga harus merogoh kocek lebih dalam jika ingin membeli tas buatan China. Fossil Group, produsen dari dompet Maya Satchel adalah salah satu kategori yang masuk daftar ini.

Kategori lainnya yang akan terpengaruh perang dagang adalah aneka jenis koper. Ricardo Beveely Hilss, produsen yang berbasis di California dan menjual merek China Mendocino tidak merespons ketika dikonfirmasi oleh Reuters.

BISNIS


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT