Persiapan Lebaran, Gamis Nissa Sabyan Jadi Incaran di Tanah Abang
TEMPO.CO | 11/05/2019 11:52
Calon pembeli memilih jilbab di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis, 2 Mei 2019. Menurut sejumlah pedagang, penjualan busana muslim menjelang bulan suci Ramadan mengalami kenaikan 30 hingga 40 persen dibanding bulan sebelumnya. ANTARA/Rivan Awal Lingga
Calon pembeli memilih jilbab di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis, 2 Mei 2019. Menurut sejumlah pedagang, penjualan busana muslim menjelang bulan suci Ramadan mengalami kenaikan 30 hingga 40 persen dibanding bulan sebelumnya. ANTARA/Rivan Awal Lingga

TEMPO.CO, Jakarta - Pasar Tanah Abang selalu menjadi pilihan tempat belanja bagi warga Jakarta dan sekitarnya untuk persiapan Lebaran. Pada pekan pertama Ramadan ini, suasana kawasan pasar Tanah Abang, seperti di Blok E, hiruk pikuk oleh para pembeli dari berbagai daerah.

Seperti tahun-tahun sebelumnya pula, ada model pakaian muslim yang menjadi primadona. Tahun ini, gamis Nissa Sabyan banyak dicari oleh pembeli. Gamis yang kerap digunakan oleh salah satu pelantun lagu Deen Assalam itu menjadi incaran ibu-ibu dan remaja perempuan.

Baca: Ramadan, Baju Gamis Pria di Tanah Abang Laris Dicari Pembeli

"Jual gamis model ini tiga bulan sebelum puasa, yang paling laris gamis model Nissa Sabyan, baik dari anak-anak sampai dewasa," kata Darmaji, pemilik toko Barokah Collection di Pasar Tanah Abang Blok E saat ditemui Tempo, Jumat, 10 Mei 2019.

Gamis Nissa Sabyan hadir dengan bermacam warna dan variatif. Biasanya berwarna dasar hitam dan dikombinasikan dengan berbagai macam warna seperti hijau botol, pink, coklat dan putih.

Para pedagang rata-rata membanderol gamis model ini dengan harga Rp 140 ribu untuk ukuran dewasa. Sedangkan untuk ukuran anak-anak sekitar Rp 100 ribu.

Baca: Selama Ramadan, Baju Kurta Diburu di Pasar Tanah Abang

Darmaji mengatakan pada tiga bulan sebelum Ramadan, gamis ini lebih banyak dibeli dengan sistem kodi. Jika dibelu dengan harga perkodi, maka setiap pembeli mendapatkan potongan harga Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu. Para pembeli ini biasanya yang akan menjual lagi gamis tersebut.

Pedagang pakaian lainnya, Kholisa Nurhasanah juga mengatakan bahwa gamis model Nissa Sabyan ini menjadi buruan remaja perempuan. Ia mengakui permintaan pembeli sudah meningkat sejak dua bulan sebelum Lebaran dan paling banyak dibeli perkodi.

Para pedagang di Tanah Abang, kata dia, biasanya mengambil barang dari para penjahit di Bandung. Tapi ada juga yang memproduksi sendiri.

Selain gamis Nissa Sabyan, gamis model lain yang jadi incaran adalah model Paskistan yang warnanya serba hitam. Beragam model baju atasan seperti tunik juga tetap menjadi buruan para pembeli untuk persiapan Lebaran. "Selain gamis, ada tunik, setiap tahunnya laku terus dan diminati ibu-ibu muda dan remaja perempuan," ujar Luluk Ailia, pemilik toko Al Devi di Blok E Tanah Abang.

MUH. HALWI


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT