Pemilu 2019, Sri Mulyani Acungkan Satu Jari Usai Mencoblos
TEMPO.CO | 17/04/2019 09:42
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengacungkan jari telunjuk usai mencoblos di TPS 77 Bintaro, Tangerang Selatan, 17 April 2019. Tempo/Fajar Pebrianto
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengacungkan jari telunjuk usai mencoblos di TPS 77 Bintaro, Tangerang Selatan, 17 April 2019. Tempo/Fajar Pebrianto

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati hari ini Rabu, 17 April 2019 ikut mencoblos dalam Pemilu Presiden 2019. Sri mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 77 yang tak jauh dari kediamannya di Bintaro, Tangerang Selatan, Banten.

Baca: Disindir Politikus Demokrat, Sudahkah Sri Mulyani Serahkan LHKPN?

Dari pantauan Tempo, Sri Mulyani datang ke lokasi pemungutan suara ini sekitar pukul 07.57 WIB. Sri tak sendiri. Ia datang bersama suami dan anak-anaknya menggunakan mobil Toyota Alphard. Saat turun dari mobil, Sri Mulyani dan keluarga terlihat kompak menggunakan kemeja putih.

Sri Mulyani mengenakan kemeja putih, celana hitam dan sepatu olahraga. Pukul 08.12 WIB, nama Sri pun dipanggil untuk mencoblos di bilik suara. Dari hitungan Tempo, Sri menghabiskan waktu sekitar 4 menit lamanya mencoblos sebanyak lima surat suara.

Dalam pemilu kali ini, Sri Mulyani memang harus memilih sebanyak lima kali karena pemilu presiden dan legislatif diadakan serentak. Pertama yaitu memilih presiden, antara dua calon yaitu pasangan calon presiden 01 Joko Widodo alias Jokowi - Ma'ruf Amin dan pasangan 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno. Kedua yaitu memilih anggota DPR RI, ketiga yaitu DPD RI, keempat yaitu DPRD Provinsi Banten, dan kelima DPRD Kota Tangerang Selatan.

Usai memasukkan surat suara yang telah dicoblos ke kotak suara, Sri Mulyani datang ke loket tempat petugas tinta. Jika biasanya jari yang dicelupkan ke tinta sebagai tanda mencoblos adalah jari kelilingking, maka Sri memilih mencelupkan jari telunjuknya. Setelah itu, Sri Mulyani menunjukkan jari telunjuknya tersebut ke hadapan wartawan.

Selama ini, jari telunjuk yang menunjukkan angka satu diidentikkan dengan pasangan Jokowi-Ma'ruf karena memiliki nomor urut 01. Dalam surat suara, pasangan ini pun menggenakan setelah putih, berbeda dengan pasangan Prabowo-Sandi yang menggunakan jas hitam.

Baca: Ke WNI di AS, Sri Mulyani: Jangan Biarkan Siapa pun Sepelekan RI

Saat ditanya alasan Sri Mulyani dan keluarga kompak menggunakan setelah baju putih, ia hanya menjawab ringan dan tersenyum, "Kami sering pakai baju putih kalau di lapangan," kata dia sambil berlalu pulang sekitar pukul 08.30 WIB.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT