Pagi Ini, Ada 33 Titik Panas Indikasi Kebakaran Hutan di Riau
TEMPO.CO | 28/03/2019 08:44
Kebakaran hutan dan lahan akibat musim panas semakin meluas di kecamatan Dumai Barat kota Dumai, Dumai, Riau, Selasa, 12 Februari 2019. Otoritas pengendalian kebakaran hutan, Manggala Agni menyebutkan, sekitar 50 hektar lebih kawasan hutan konservasi dan
Kebakaran hutan dan lahan akibat musim panas semakin meluas di kecamatan Dumai Barat kota Dumai, Dumai, Riau, Selasa, 12 Februari 2019. Otoritas pengendalian kebakaran hutan, Manggala Agni menyebutkan, sekitar 50 hektar lebih kawasan hutan konservasi dan lahan gambut yang terbakar di Dumai dalam sepekan. ANTARA/Aswaddy Hamid

TEMPO.CO, Jakarta - Satelit terra dan aqua memantau ada 33 titik panas yang diindikasikan kebakaran hutan di sejumlah wilayah Riau. Jumlah titik panas cenderung meningkat dari hari sebelumnya, yang sempat menurun hingga 12 titik.

Baca juga: Titik Panas di Riau Meningkat Nyaris 100 persen dalam Dua Hari

"Titik panas terpantau pukul 07.00 pagi," kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Stasiun Pekanbaru, Sukisno, Kamis, 28 Maret 2019.

Sukisno menjelaskan, titik panas terdeteksi di lima wilayah, yakni sebelas titik di Bengkalis, delapan titik di Meranti, tujuh titik di Dumai, lima titik di Pelalawan, satu titik di Siak dan satu titik di Indragiri Hilir.

"Tingkat kepercayaan di atas tujuh puluh persen atau sembilan belas titik api," ujarnya.

Kebakaran lahan di sejumlah daerah turut menurunkan kualitas udara dan jarak pandang di sejumlah wilayah, seperti Pekanbaru jarak pandangnya 8 kilomater, Rengat dan Pelalawan masing-masing 5 kilomater akibat udara kabur, sedangkan Dumai 3 kilomater lantaran diselimuti asap.

Secara umum cuaca di Riau cerah berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di hampir sebagian besar wilayah Riau. "Suhu udara 23 – 35 derajat celcius," kata Sukisno.

Baca: Kebakaran Hutan, Kabut Asap Pekat Selimuti Kota Pekanbaru

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Riau mencatat luas lahan terbakar di Riau hingga saat ini telah mencapai 2700 hektare. Kebakaran lahan dominan terjadi di wilayah pesisir, seperti Bengkalis, Dumai dan Meranti.
 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT