Cerita Pilot Asli Pergoki Pilot Abal-abal di Bandara Soetta
TEMPO.CO | 23/03/2019 10:56
Seorang pilot berfoto bersama pesawat Boeing 747-400 yang tak lagi dioperasikan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. di Cengkareng, Banten, 9 Oktober 2017. Tempo/Vindry Florentin.
Seorang pilot berfoto bersama pesawat Boeing 747-400 yang tak lagi dioperasikan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. di Cengkareng, Banten, 9 Oktober 2017. Tempo/Vindry Florentin.

TEMPO.CO, Tangerang - Polisi menangkap AA, pilot Garuda Indonesia palsu alis abal-abal di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Penangkapan ini berawal dari kecurigaan pilot asli Garuda Indonesia akan gerak gerik pilot abal-abal AA yang berkeliaran di Terminal 3 Bandara Soetta.

Baca juga: Pilot Abal-abal Ditangkap di Bandara, ini Kata Garuda Indonesia

"Pelaku dipergoki salah satu pilot kami, Kapten Andre," ujar Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia Ikhsan Rosan kepada Tempo, Sabtu 23 Maret 2019. Andre, kata Ikshan, saat itu melihat AA yang mengenakan seragam pilot, atribut dan name tag Garuda Indonesia di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pada Jumat petang, 22 Maret 2019.

Menurut Ikhsan, secara visual kru pesawat Garuda Indonesia mengenali atribut yang digunakan AA itu palsu. "Pastinya secara nyata, kalau palsu kelihatan," ujar Ikhsan.

Karena curiga, Andre mendekati AA dan berbicara secara persuasif. Setelah memastikan bahwa AA adalah pilot abal-abal, Andre melaporkan AA ke petugas Avition Security Bandara Soekarno-Hatta.

Petugas Avsec lantas membekuk AA saat berada di Security Check Point 2 Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Selanjutnya, petugas Avsec melapor pilot abal-abal itu ke Polres Bandara Soekarno-Hatta.

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Bandara Soekarno-Hatta Komisaris James Hutajulu mengatakan AA merupakan penumpang pesawat Garuda. " Ia akan terbang ke Semarang," kata James.

Baca juga: Kata Gubernur Banten Soal Guru Dipecat Karena Pro Prabowo-Sandi

Dari hasil pemeriksaan sementara, kata James, motif pilot abal-abal AA mengenakan seragam pilot Garuda Indonesia karena terobsesi menjadi pilot. Polisi menyita barang bukti dari pilot abal-abal itu berupa celana, baju, atribut, topi dan name tag Garuda Indonesia.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT