Website Pendaftaran Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata Dirilis
TEMPO.CO | 21/03/2019 00:04
Mahasiswa-mahasiswa Politeknik Pariwisata Palembang sedang latihan melayani tamu di food track kampus, Palembang, Sumatera Selatan, 14 Februari 2018.Tempo/Francisca Christy Rosana
Mahasiswa-mahasiswa Politeknik Pariwisata Palembang sedang latihan melayani tamu di food track kampus, Palembang, Sumatera Selatan, 14 Februari 2018.Tempo/Francisca Christy Rosana

TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Pariwisata meluncurkan website pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (SBM-PTNP) di Kampus Politeknik Pariwisata, Makassar, Sulawesi Selatan pada Senin, 18 Maret lalu. Menurut Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata Riwud Mujirahayu, pendaftaran SBM-PTNP adalah bentuk implementasi atau salah satu bukti dalam pengaplikasian era Pendidikan 4.0.

Baca juga: Politeknik Pariwisata Negeri Dibangun di Palembang

"Di mana calon peserta didik tidak lagi melakukan pendaftaran di perguruan tinggi negeri pariwisata yang diinginkan secara manual, tetapi dapat dilakukan dengan cara online dengan membuka melalui website yang telah disiapkan” kata Riwud secara tertulis, Rabu, 20 Maret 2019.

Riwud mengatakan, dunia pendidikan harus terus bebenah untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di era revolusi industri 4.0. Karena itu, ujar dia, kurikulum juga harus menyesuaikan dengan era saat ini. Begitu pun menurut Riwud, dengan para tenaga pengajar yang harus mampu menyesuaikan dengan para peserta didik yang merupakan generasi milenial.

SBM-PTNP di bawah naungan Kementerian Pariwisata telah dimulai sejak 2016. Tahun tahun ini, SBM-PTNP 2019 diketuai oleh Dewa Gede Ngurah Byomantara. Dia juga merupakan Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Nusa Dua Bali.

Dewa Gede mengatakan tujuan seleksi bersama adalah untuk memberi kemudahan akses dan kesempatan lebih besar bagi lulusan tingkat sekolah menengah atas mendapatkan pendidikan tinggi berkualitas dan berstandar global di enam perguruan tinggi di bawah Kementerian Pariwisata.

Enam perguruan tinggi tersebut adalah Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung; Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Nusa Dua Bali; Politeknik Pariwisata (POLTEKPAR) Makassar; Politeknik Pariwisata (POLTEKPAR) Medan; Politeknik Pariwisata (POLTEKPAR) Palembang; dan Politeknik Pariwisata (POLTEKPAR) Lombok.

"Terbuka kesempatan bagi peserta tes untuk memilih perguruan tinggi dan program studi manapun di antara ke enam perguruan tinggi tersebut tanpa harus mengikuti tes di kota tempat perguruan tinggi tersebut berada," kata Dewa Gede.

Proses pendaftaran SBM-PTNP dibuka mulai 18 Maret 2019 hingga 2 Mei 2019 di laman http://sbmptnp.kemenpar.go.id. Seluruh informasi dan prosedur pendaftaran seleksi masuk dapat dilihat melalui website pendaftaran tersebut.

Proses pelaksanaan seleksi melalui jalur SBM-PTNP akan melalui beberapa tahapan. Yaitu, pendaftaran online, tes seleksi, pengumuman tahap 1, pemeriksaan kesehatan, pengumuman tahap 2 dan pendaftaran ulang. Adapun jenis tes yang harus diikuti oleh seluruh peserta adalah tes tulis bahasa Inggris, tes psikologi, tes wawancara, dan pemeriksaan kesehatan.

Baca berita Pariwisata lainnya di Tempo.co


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT