Debat Cawapres, Ma'ruf dan Sandiaga Diprediksi Adu Gagasan Kewirausahaan
TEMPO.CO | 15/03/2019 01:46
Pasangan capres - cawapres nomor urut 01, Jokowi (ketiga kiri) dan Ma'ruf Amin (kiri) bersalaman dengan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto (kedua kanan) dan Sandiaga Uno (kanan) usai Debat Capres dan Cawapres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis,
Pasangan capres - cawapres nomor urut 01, Jokowi (ketiga kiri) dan Ma'ruf Amin (kiri) bersalaman dengan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto (kedua kanan) dan Sandiaga Uno (kanan) usai Debat Capres dan Cawapres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis, 17 Januari 2019. Sementara Prabowo dan Sandi tampil kompak dengan jas dan dasi. ANTARA/Sigid Kurniawan

TEMPO.CO, Jakarta - Wakil Direktur Insitute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto memprediksi topik kewirausahaan bakal menjadi perbincangan dalam debat calon wakil presiden atau debat cawapres Ma'ruf Amin dengan Sandiaga Uno pada Ahad, 17 Maret 2019.

Baca juga: Radhar Panca Dahana dan 2 Rektor jadi Panelis Debat Cawapres

"Kewirausahaan mungkin akan masuk dalam debat berikutnya dengan warna yang dibawa masing-masing calon," ujar Eko di Restoran Rantang Ibu, Jakarta, Kamis, 14 Maret 2019. 

Menurut dia,
calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno dinilai bakal lebih unggul secara branding ketimbang calon nomor urut 01 Ma'ruf Amin dalam hal kewirausahaan. Menurut dia, salah satu andalan Sandiaga adalah program OK OCE yang sudah digaungkannya sejak mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Sementara Ma'ruf Amin mungkin mengenalkan kewirausahaan berbasis pesantren, namun saya kurang familiar," ujar Eko.

Selain itu, ia melihat Ma'ruf bisa mengangkat soal pembiayaan syariah sebagai pembeda dari pesaingnya. Sebabnya, ia melihat Ketua Majelis Ulama Indonesia itu memiliki latar belakang yang cukup terkait ekonomi syariah. 

Sebelumnya, Ma'ruf Amin pernah memaparkan sejumlah program untuk memberdayakan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi umat. Caranya, antara lain dengan mendorong kemauan masyarakat berwirausaha. Selain itu, ia juga berjanji akan mengeluarkan regulasi yang bisa mendorong pertumbuhan ekonomi umat bila terpilih. Ia juga akan mengajak konglomerat berkolaborasi dengan masyarakat ekonomi bawah.

Saat ini, Ma'ruf juga sudah menggagas program “Gus Iwan” yang merupakan singkatan dari Santri Bagus Pintar Ngaji Usahawan. Menurut dia membangunkan santri untuk melek ekonomi adalah salah satu pemberdayaan umat. "Jadi santri tidak semuanya jadi kiai, tetapi jadi wira usahawan," ujar dia.

Santri, menurut Ma'ruf, bisa menumbuhkan ekonomi syariah yang selama ini tergolong rendah di Indonesia. Padahal, ujar dia, banyak masyarakat membutuhkan ruang ekonomi syariah tetapi tidak memiliki akses yang banyak.

Adapun Sandiaga Uno berujar program OK OCE adalah solusi untuk menekan jumlah pengangguran di Indonesia. Pernyataan ini dilontarkan Sandiaga di hadapan para pelaku UMKM Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang juga tergabung sebagai peserta pelatihan OK OCE, Sabtu, 9 Maret 2019.

Dengan program itu, pengangguran akan diberi pelatihan. Di samping, pemerintah juga menggenjot penciptaan lapangan kerja baru di Indonesia. Sejauh ini, kata Sandiaga, OK OCE sudah berjalan hampir dua tahun dan telah menunjukkan hasilnya secara riil dan konkret di DKI Jakarta. Menurut dia, program tersebut telah memiliki 60 ribu pendaftar dan menurunkan pengangguran sebanyak 30 ribu. 

Debat cawapres pada Ahad ini bakal mengangkat tema kesehatan, pendidikan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya.

DEWI NURITA | RYAN DWIKY


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT