Amerika Serikat Shutdown, Hotel di New York Gratiskan Kamar
TEMPO.CO | 19/01/2019 16:00
Sejumlah turis mengunjungi Patung Liberty di Pelabuhan New York, Minggu (13/10). Patung Liberty kembali dibuka untuk umum setelah pemerintah New York untuk menanggung beban biaya operasional tempat wisata ini selama masa 'shutdown' pemerintahan AS. AP/Joh
Sejumlah turis mengunjungi Patung Liberty di Pelabuhan New York, Minggu (13/10). Patung Liberty kembali dibuka untuk umum setelah pemerintah New York untuk menanggung beban biaya operasional tempat wisata ini selama masa 'shutdown' pemerintahan AS. AP/John Minchillo

TEMPO.CO, Jakarta - Para pegawai negeri Amerika Serikat atau PNS yang terdampak shutdown boleh mengajukan pemesanan kamar di Hotel Association of New York City secara gratis. Pengajuan fasilitas ini bisa dilakukan jika situasi Amerika Serikat semakin memburuk setelah di berlakukannya shutdown.

Pemerintah Amerika Serikat secara parsial memberlakukan shutdown yang dimulai pada 22 Desember 2018. Langkah ini dilakukan setelah permintaan anggaran biaya pembangunan tembok perbatasan Amerika Serikat – Meksiko yang diajukan Presiden Trump, ditolak Kongres.   

Baca: Pemerintah Shutdown, Pendapat Warga Amerika Serikat Terbelah

Sejak pemberlakukan shutdown ini, riak-riak masalah mulai menyebar khususnya mengancam sektor ekonomi. Sampai Sabtu, 19 Januari 2019, shutdown belum menunjukkan tanda-tanda akan segera berakhir. Shutdown adalah penutupuan sementara pemerintah Amerika Serikat.

“Untuk memperlihatkan sebuah niat baik terhadap ribuan PNS yang terkena dampak shutdown, Hotel Association of New York City mengumumkan akan memberikan sewa kamar hotel gratis kepada seluruh pegawai negeri yang harus bepergian ke New York selama kondisi shutdown,” tulis manajemen hotel, seperti dikutip dari english.alarabiya.net, Sabtu, 19 Januari 2019.

Baca: Amerika Serikat Shutdown, Trump Menjamu Tamu Pakai Uang Pribadi 

Untuk bisa menikmati kemurahan hati Hotel Association of New York City ini, para PNS yang gajinya tertahan karena shutdown, bisa mengirimkan sepucuk email ke manajemen hotel. Email itu menjelaskan kondisi mereka saat pemerintahan shutdown dan mengapa mereka layak menerima fasilitas ini. Pihak hotel menekankan, email itu harus diberi judul ‘pemerintah shutdown, pengajuan kamar’.  

Menurut COE dan Presiden Hotel Association of New York City, Vijay Dandapani, pihaknya bisa melayani para PNS yang membutuhkan kamar gratis untuk keperluan keluarga atau masalah kesehatan yang mengharuskan mereka melakukan perjalanan ke New York. Dandapani meyakinkan pihaknya akan melakukan yang terbaik dalam menyediakan akomodasi bagi mereka yang sangat membutuhkan dalam kondisi shutdown ini.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT