Anies Baswedan Siapkan Lelang Jabatan Tahap Dua di Tahun 2019
TEMPO.CO | 09/01/2019 19:35
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat melantik 11 pejabat eselon II dan 5 pejabat eselon III di posisi baru mereka masing-masing di Balai Kota, Jakarta Pusat, pada Selasa 23 September 2018. Tempo/Zara Amelia
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat melantik 11 pejabat eselon II dan 5 pejabat eselon III di posisi baru mereka masing-masing di Balai Kota, Jakarta Pusat, pada Selasa 23 September 2018. Tempo/Zara Amelia

TEMPO.CO, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan lelang jabatan tahap kedua untuk jabatan Kepala Dinas Perindustrian dan Energi, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Biro Administrasi Reformasi Sekretariat Daerah, dan Wakil Ketua Satpol PP.

Keempat jabatan itu sebelumnya dilelang di putaran pertama bersama 10 jabatan lainnya, tetapi tidak ada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang lolos untuk empat jabatan itu. "Empat jabatan itu akan dibuka kembali (lelangnya), bersama jabatan lainnya," kata Anies di Balai Kota DKI, Rabu sore, 9 Januari 2019.

Baca: Awal 2019, Anies Baswedan Lantik 7 Pejabat DKI Jakarta

Pagi ini Anies melantik tujuh pejabat eselon II atau jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, antara lain Asisten Perekonomian dan Keuangan, Kepala Bappeda, Kepala Badan Kepegawaian, Kepala Dinas Bina Marga, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Perumahan, dan Wakil Wali Kota Jakarta Timur.

Hingga saat ini, beberapa jabatan yang masih diisi oleh Pelaksana Tugas atau Plt, antara lain Dinas Perindustrian dan Energi, Dinas Pendidikan, Biro Administrasi Reformasi Sekretariat Daerah, Wakil Ketua Satpol PP, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Dinas Perhubungan, dan Dinas Pariwisata.

Sementara itu, Komisioner Komisi ASN Wayan Suwandi mengatakan pengisian jabatan Plt untuk ketujuh Dinas tersebut tak masalah dan melanggar ketentuan, selama Plt tak menjabat lebih dari enam bulan. "Kalau sudah lebih dari enam bulan harus segera diisi melalui mutasi atau lelang jabatan," kata dia.

Pada 31 Desember 2018, Anies Baswedan juga melantik tiga pejabat eselon II hasil lelang jabatan, yakni Atika Nur Rahmania sebagai Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik, Suzi Marsitawati sebagai Kepala Dinas Kehutanan, dan Iin Mutmainah sebagai Kepala Biro Organisasi dan Reformasi Birokrasi.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT