Malam Tahun Baru, Jalur Puncak Ditutup 12 Jam Mulai Petang Ini
TEMPO.CO | 31/12/2018 09:48
Antrean panjang kendaraan menuju pintu keluar Tol Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, 23 Desember 2017. Polres Bogor memberlakukan sistem buka tutup satu arah untuk mengurai kemacetan di jalur Puncak, Bogor, akibat tingginya volume kendaraan di saa
Antrean panjang kendaraan menuju pintu keluar Tol Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, 23 Desember 2017. Polres Bogor memberlakukan sistem buka tutup satu arah untuk mengurai kemacetan di jalur Puncak, Bogor, akibat tingginya volume kendaraan di saat liburan panjang Natal 2017. ANTARA

TEMPO.CO, Bogor - Polres Bogor menutup jalur Puncak pada malam tahun baru 2019 khusus untuk kendaraan roda empat atau lebih. Penutupan dimulai pukul 18.00 pada Senin, 31 Desember 2018 hingga Selasa, 1 Januari 2019 pukul 06.00.

Baca: Masuk Libur Tahun Baru, Ujung Jalur Puncak di Bogor Mulai Macet

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, kami akan menutup jalur Puncak pada malam pergantian tahun baru," kata Kepala Urusan Pembinaan Operasi Lalu Lintas Polres Bogor Kabupaten Ipspektur Sat Vino Lestari.

Vino mengatakan, penutupan dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan di jalur Puncak pada malam pergantian tahun. Selain itu, rencananya malam ini akan digelar Tabligh Akbar di Masjid At-Tawaaun yang dihadiri ratusan jamaah. "Jadi kami mengimbau agar masyarakat yang hendak ke Puncak menggunakan jalur alternatif," kata Vino.

Jalur alternatif yang dapat dilalui pengendara untuk ke Puncak yakni Cibubur-Cianjur (via Jonggol). Rute yang bisa dilalui mulai dari Cibubur menuju Cileungsi, lalu ke Jonggol, Cariu, dan melewati Cikalong, tembus ke Cianjur. "Jarak tempuh 86,1 km dan waktu tempuh dua jam 45 menit," kata Vino.

Jalur alternatif berikutnya yakni lewat Ciawi-Cianjur via Sukabumi. Rutenya, dari Ciawi atau gerbang Bocimi menuju Cicurug, lalu melewati Cibadag ke arah Kota Sukabumi hingga sampai Cianjur. "Jarak tempuh jalur Ciawi-Cianjur via Sukabumi ini 80,1 km, dengan waktu tempuh tiga jam," kata Vino.

Vino menambahkan, penutupan jalur Puncak setiap malam pergantian tahun cukup efektif untuk mencegah kemacetan. Masyarakat biasanya ke Puncak untuk menikmati pemandangan 'city light' dan pesta kembang api yang dinyalakan oleh hotel-hotel dan juga masyarakat.

Dengan adanya kebijakan penutupan jalan, masyarakat yang hendak ke Puncak diimbau untuk melintas lebih awal. Karena jika melintas saat ditutup, kendaraan akan diarahkan berputar dan berbalik arah menuju jalur alternatif. "Masyarakat yang hendak ke Puncak kami imbau untuk berhati-hati," kata Vino. “Ikuti aturan yang ada, dan petunjuk petugas di lapangan.”

Baca : Malam Tahun Baru, Ini Pengganti Pesta Kembang Api di Setu Babakan

Pada malam tahun baru 2019 ini, Polres Bogor menyiagakan 250 personel yang ditempatkan di sepanjang jalur Puncak untuk mengatur arus lalu lintas kendaraan, khususnya di titik-titik hambatan. Berdasarkan catatan di gerbang Tol Ciawi, jumlah kendaraan yang keluar gerbang tol Ciawi menuju arah Puncak dan sekitarnya pada tanggal 30 Desember 2018 sebanyak 32.529 unit, sedangkan yang masuk menuju Jakarta sebanyak 29.063 unit.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT