ESDM Pastikan Kesiapan BBM, Elpiji dan Listrik di Tahun Baru
TEMPO.CO | 30/12/2018 21:11
Petugas mengisi premium ke dalam sepeda motor di salah satu SPBU di Jakarta, Rabu 10 Oktober 2018. Hukum ekonomi mengatur, BBM yang bahan baku utamanya minyak mentah memang harus naik harganya jika harga minyak mentah dunia naik. Harga minyak mentah dunia
Petugas mengisi premium ke dalam sepeda motor di salah satu SPBU di Jakarta, Rabu 10 Oktober 2018. Hukum ekonomi mengatur, BBM yang bahan baku utamanya minyak mentah memang harus naik harganya jika harga minyak mentah dunia naik. Harga minyak mentah dunia sudah naik lebih dari dua kali lipat atau 200 persen sejak 2016 berkisar US$ 32 per barrel dan saat ini melambung di kisaran US$ 80 per barel. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral memastikan pasokan bahan bakar minyak dan ketenagalistrikan dalam kondisi normal dan aman menjelang libur Tahun Baru 2019. Hal tersebut dipastikan melalui data Posko Natal dan Tahun Baru Kementerian ESDM.

Baca : Tahun Baru, Transjakarta Siap Operasi 24 Jam dan Ada Bus Tingkat Gratis

Laporan Posko Nataru ESDM tanggal 28 Desember 2018 menyebutkan stok BBM jenis Premium memiliki coverage days 23 hari, Solar atau Akrasol 20 hari, Pertalite 21 Hari, Kerosene 61 hari, Pertamax92 20 hari, Pertamax Turbo 52 hari, Pertamina Dex 43 hari, Dexlite 20 hari dan avtur 25 hari.

"Penyaluran elpiji rumah tangga, baik ukuran 3 kilogram maupun jenis lainnya tersalurkan dalam kondisi aman," tulis keterangan resmi Kementerian ESDM sebagaimana dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet, setkab.go.id, Ahad, 30 Desember 2018.

Laporan tersebut mencatat pada akhir tahun ini ada kenaikan penyaluran elpiji sebesar 13 persen dari rata-rata penyaluran normal. Kondisi stok elpiji saat ini adalah sebesar 409.683 Metriks Ton dan realisasi penyaluran 24.266 MT dengan coverage days sekitar 19 hari.

Adapun kondisi sistem kelistrikan nasional sampai 28 Desember 2018, statusnya aman lantaran daya mampu mencapai 35.189 megawatt. Khusus untuk daerah terdampak tsunami di Tanjung Lesung, Anyer, Banten, penormalan kelistrikan saat ini sudah mencapai seratus persen.

Begitu pula untuk wilayah Lampung Selatan, penormalan kelistrikan juga sudah mencapai seratus persen. "Sambungan rumah (SR) sementara hanya dilakukan pada instalasi rumah yang sudah dinyatakan aman untuk dinyalakan," tertulis dalam laporan tersebut.

Pada sektor Geologi, terdapat satu gunung api status Awas, dengan empat gunung api berstatus Siaga. Gunung Sinabung yang berstatus Awas dilaporkan tidak ada aktivitas kegempaan. Sementara, untuk Anak Krakatau yang berstatus Siaga saat ini terjadi gempa tremor menerus, dan untuk Merapi yang berstatus Waspada, terjadi 39 kali gempa guguran.

Baca berita lainnya tentang Tahun Baru di Tempo.co.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT