Masuk Libur Tahun Baru, Ujung Jalur Puncak di Bogor Mulai Macet
TEMPO.CO | 30/12/2018 11:43
Kondisi exit tol ciawi KM 48 menuju Jalur Puncak masih dipenuhi antrean kendaraan, Selasa 19 Juni 2018. TEMPO/ADE RIDWAN
Kondisi exit tol ciawi KM 48 menuju Jalur Puncak masih dipenuhi antrean kendaraan, Selasa 19 Juni 2018. TEMPO/ADE RIDWAN

TEMPO.CO, Bogor - Memasuki libur Tahun Baru, tepatnya H-2 malam Tahun Baru 2019, Ahad 30 Desember 2018, arus lalu lintas di Jalan Raya Puncak, Bogor semakin dipadati kendaraan pribadi. Terutama yang keluar melalui Tol Ciawi.

Kepala Satuan Lalulintas Polres Bohor, Ajun Komisaris Hasby Ristama mengatakan, kondisi arus lalulintas di jalan raya Jalur Puncak terpantau mengalami kemacetan sepanjang 4 kilometer setelah keluar dari gerbang Tol Ciawi sejak pukul 06.00
Baca : Tahun Baru, Transjakarta Siap Operasi 24 Jam dan Ada Bus Tingkat Gratis

"Volume kendaraan dari Jakarta mengarah ke Puncak sudah meningkat sejak pagi tadi. Ini terjadi karena Hotel dipuncak banyak yang menggunakan sistem paket tahun baru sehingga tanggal ini merupakan waktu masuknya," kata Hasby kepada Tempo, Minggu 30 Desember 2018.

Hasby mengatakan, selain di gerbang tol ciawi hingga simpang gadog, kemacetan juga terjadi simpul-simpul kemacetan di sepanjang Jalur Puncak diantaranya Simpang Pasir Muncang, Simpang Pasir Angin, Simpang Mega Mendung, Simpang Taman Wisata Matahari, Simpang Taman Safari, dan Simpang Warung Kaleng.

“Total kendaraan yang masuk ke jalur puncak sejak Jumat pagi hingga hari ini tercatat mencapai 35.367,” kata Hasby.

Hasby mengatakan, untuk mengurai kemacetan panjang itu, pihaknya memberlakukan sistem satu arah (oneway) dari arah Jakarta menuju kawasan Puncak lebih awal dari jadwal biasanya yaitu mulai pukul 07.00 pagi.

"Tadi kita sudah lakukan satu arah ke atas (Puncak) lebih awal karena volume kendaraan terus meningkat. Satu arah ini kita lakukan sampai pukul 12.30 WIB namun sifatnya situasional," jelas Hasby.

Hasby mengatakan, petugas yang dikerahkan sejumlah 250 orang terdiri dari Lantas, sabara maupun anggota Polsek ciawi, Megamendung maupun Cisarua Puncak.
Simak pula :
Malam Tahun Baru, Polres Bogor Musnahkan Ribuan Botol dan Merazia Miras

Hasby pun mengimbau agar masyarakat yang hendak menuju Cianjur, Cibodas, Ciloto, Taman bunga maupun ke Bandung dan sekitarnya untuk menggunakan jalur alternatif via Jonggol maupun Sukabumi karena lebih cepat

"Himbauan kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan dari Bogor menuju Cianjur menggunakan jalur alternatif, yakni melalui jalur Jonggol Cileungsi dan Cibubur dengan jarak 86 kilometer maupun Tol Bocimi via sukabumi,” kata Hasby terkait masa liburan Tahun Baru saat ini.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT