Malam Tahun Baru di Jakarta Selatan? Ayo ke Setu Babakan
TEMPO.CO | 30/12/2018 09:20
Sejumlah masyarakat memadati acara lebaran Betawi di Setu Babakan, Jakarta Selatan, 28 Juli 2018. Tempo/Fakhri Hermansyah
Sejumlah masyarakat memadati acara lebaran Betawi di Setu Babakan, Jakarta Selatan, 28 Juli 2018. Tempo/Fakhri Hermansyah

TEMPO.CO, Jakarta -Perayaan malam Tahun Baru 2019 di wilayah Kota Jakarta Selatan bakal dipusatkan di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Senin, 31 Desember 2018.

Kepala Seksi Atraksi dan Promosi Suku Dinas Pariwisata dan Budaya Puka Yanuar mengatakan sebelumnya perayaan malam pergantian Tahun Baru 2018 di Jakarta Selatan mau dipusatkan di Taman Honda, Tebet.
Baca : Perayaan Malam Tahun Baru, Ada Doa untuk Korban Tsunami Selat Sunda

Namun, diputuskan dipindahkan karena pemerintah mau mengangkat budaya betawi sebagai tema perayaan. "Hasil keputusan rapat internal di kantor wali kota, kami ingin akhir tahun bukan cuma perayaan seremoni saja," kata Puka saat meninjau Setu Babakan, Jumat, 28 Desember 2018.

Untun memeriahkan malam pergantian tahun, kata dia, panitia telah menyediakan berbagai pertujukan kesenian dan budaya betawi. Khususnya, kata dia, acara yang digelar akan menunjukan kebiasaan warga betawi dalam menyambut pergantian tahun.

"Salah satunya adalah mengaji Al Quran dari Ashar sampai Magrib," ucapnya.

Sekitar pukul 19.00, kata dia, panitia bakal menggelar pertunjukan musik seperti gambang kromong, gambus, marawis dan lainnya. Selain itu, panitia juga bakal menyediakan 1.000 porsi makanan gratis untuk pengunjung.
Simak :
Tahun Baru, Polda Metro Sebar 20.000 Personil ke 15 Lokasi

Puka memperkirakan perayaan tahun baru di Setu Babakan bakal menyedot lebih dari 3 ribu pengunjung.

Ia berharap masyarakat bisa menjaga kebersihan dan kenyamanan saat acara malam Tahun Baru berlangsung esok. "Seluruh persiapan sudah dilakukan. Tinggal pelaksanaan," demikian Puka.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT