Kamus Cambridge Masukkan Kata Baru untuk Kecanduan Ponsel
TEMPO.CO | 02/12/2018 06:30
Ilustrasi cahaya ponsel dapat merusak retina. amazonaws.com
Ilustrasi cahaya ponsel dapat merusak retina. amazonaws.com

TEMPO.CO, Jakarta - Kamus bahasa Inggris, Cambridge, mengunggah kata baru terkait kecanduan orang pada ponsel. Kata itu adalah nomophobia. Kata ini diperoleh melalui pemungutan suara, yang artinya takut atau khawatir jauh dari ponsel atau tak bisa berinteraksi dengan ponsel.   

Dikutip dari malaymail.com, Sabtu, 1 Desember 2018, Kamus Cambridge meminta para pembacanya dan para pengikutnya di media sosial untuk memilih satu dari empat kata yang telah dipilhkan tim editor Kamus Cambridge. Melalui proses pemilihan ini, kata nomophobia paling banyak dipilih.

Baca: Polisi Temukan Ponsel di Ruang Tahanan Ratna Sarumpaet 

“Kata nomophobia adalah sebuah campuran. Sebuah kata baru yang terdiri dari dua kata atau lebih. Dalam kasus ini, nomophobia diambil dari kata no mobile phone phobia,” tulis sebuah blog menjelaskan kata nomophobia.

Baca: Arsy Kesal Ashanty Tidak Bisa Lepas dari Ponsel

 

Menurut tim editor di Kamus Cambridge, kata nomophobia pertama kali tercetus pada 2008 yang dibuat oleh para peneliti di YouGov atas permintaan Kantor Pos Inggris. Kata ini lalu muncul di media-media di Inggris dan pada awal tahun ini kata ini masuk dalam kamus online bahasa Inggris Cambridge.

Ilustrasi pria menggunakan ponsel di toilet. independent.co.uk 

Kata nomophobia lebih disukai ketimbang kata gender gap, ecocide dan no-platforming. Kata ecocide mengacu pada rusaknya suatu lingkungan alam atau sebuah kerusakan besar. Sedangkan kata no-platforming didefinisikan sebagai praktik menolak kesempatan seseorang untuk menggunakan gagasan atau keyakinan mereka karena keyakinan mereka diduga berbahaya atau tak bisa diterima.   

Dikutip dari hellogiggles.com, para peneliti pernah mengajukan sebuah kuesioner dengan pertanyaan bagaimana dan mengapa Anda menggunakan ponsel serta bagaimana perasaan Anda tanpa ponsel. Sebagian besar dari responden mengaku menderita tanpa ponsel, namun dalam tingkat yang berbeda-beda. Ada beberapa orang berada di titik nomophobia. 

Beberapa tanda nomophobia yakni selalu mengecek ke dalam tas Anda membawa ponsel. Gejala nomophobia lainnya adalah menjadi agresif ketika tak bisa menemukan ponsel secepatnya dan tak bisa melakukan pembicaraan bahkan dengan teman baik tanpa ponsel berada disamping Anda.    

   


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT