Perang Dagang Amerika - Cina Bayangi KTT G20 di Argentina
TEMPO.CO | 30/11/2018 21:01
Presiden AS Donald Trump menggandeng tangan istrinya, Melania Trump setibanya di Buenos Aires untuk menghadiri pertemuan G20 di Argentina, 29 November 2018. Melania tampak mengenakan coat panjang yang dipadukan dengan inner hitam dan rok putih. REUTERS
Presiden AS Donald Trump menggandeng tangan istrinya, Melania Trump setibanya di Buenos Aires untuk menghadiri pertemuan G20 di Argentina, 29 November 2018. Melania tampak mengenakan coat panjang yang dipadukan dengan inner hitam dan rok putih. REUTERS

TEMPO.CO, Buenos Aires – Konferensi Tingkat Tinggi G20 atau KTT G20 mulai digelar hari ini di ibu kota Buenos Aires, Argentina, Jumat pagi, 30 November 2018 waktu setempat.

 

Baca:

 

Pertemuan 20 negara industri ini dibayangi perang dagang antara Amerika Serikat versus Cina, yang mengganggu penawaran dan permintaan barang dan jasa di pasar global.

Pertemuan dua hari ini bakal diwarnai pertemuan antara Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, dan Presiden Cina, Xi Jinping, di sela-sela KTT untuk mencoba mencari solusi atas konflik dagang yang semakin membesar sejak Juli 2018.

Trump dan Xi bakal bertemu pada Sabtu, 1 Desember 2018 untuk membahas surplus dagang Cina atas AS, yang nilainya mencapai US$375 miliar atau Rp5.400 triliun per tahun. Kedua negara telah mengenakan kenaikan tarif 10 - 25 persen untuk impor barang dari masing-masing. 

 

Baca:

 

Trump mengaku terbuka untuk membuat kesepakatan dagang dengan Cina. Tapi, dia menambahkan,”Saya tidak tahu apakah saya ingin melakukannya,” kata Trump seperti dilansir Reuters pada Jumat, 30 November 2018.

Para pemimpin negara industri Group 20 juga bakal membahas mengenai isu besar perdagangan, migrasi, perubahan iklim, yang pada waktu lalu bisa dibahas secara baik sebelumnya.

 

Baca:

 

Namun, sikap skeptis Trump mengenai pemanasan global sebagai disebabkan oleh aktivitas ekonomi manusia menimbulkan pertanyaan apakah G20 bakal mampu menghasilkan komunike soal ini pada akhir pertemuan ini.

Ada juga isu ketegangan antara Rusia dan Ukraina, yang muncul pada akhir pekan lalu saat tiga kapal Ukraina ditahan pasukan penjaga pantai Rusia saat hendak menyeberang Selat Kerch.

 

Baca:

 

Pertemuan ini juga diwarnai kemunculan Putra Mahkota Mohammed Bin Salman dari Arab Saudi, yang sejak Oktober lalu diterpa kasus pembunuhan brutal jurnalis Jamal Khashoggi di kantor Konsulat Jenderal Saudi di Istanbul, Turki.

Mohammed, seperti dilansir Anadolu, dikabarkan bakal menggelar pertemuan dengan sejumlah pemimpin dunia seperti Trump, Presiden Rusia, Vladimir Putin, dan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan di sela-sela KTT G20.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT