Mobil Esemka Tak Diluncurkan Oktober, Begini Kata Ma'ruf Amin
TEMPO.CO | 04/11/2018 18:50
Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin hadir dalam acara Mudzakaroh Alim Ulama se-Indonesia di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta pada Ahad, 4 November 2018. TEMPO/Dewi Nurita
Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin hadir dalam acara Mudzakaroh Alim Ulama se-Indonesia di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta pada Ahad, 4 November 2018. TEMPO/Dewi Nurita

TEMPO.CO, Jakarta - Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin menjelaskan soal ucapannya yang mengatakan mobil Esemka akan diluncurkan Oktober 2018. Namun hingga kini, wujud mobil Esemka belum juga diluncurkan.

Baca juga: Ma'ruf Amin Sebut Mobil Esemka Akan Diluncurkan Oktober

Ma'ruf Amin berkilah bahwa soal peluncuran mobil Esemka itu tergantung pabrikannya yaitu PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK).

"Itu terserah yang punya mobil, kita lihat saja nanti bisa diundur bisa juga dibatalkan," kata Ma'ruf Amin di Tanah Baru, Depok, Ahad, 4 November 2018.

Sebelumnya, Ma'ruf Amin menyebut mobil Esemka yang pernah dirintis Joko Widodo atau Jokowi akan diluncurkan pada Oktober mendatang. "Bulan Oktober nanti akan diluncurkan mobil nasional bernama Esemka, yang dulu pernah dirintis oleh Pak Jokowi. Akan diproduksi besar-besaran," kata Ma'ruf Amin di Pondok Pesantren Nurul Islam pada 27 September 2018.

Pernyataan tersebut dilontarkan Ma'ruf Amin ketika memberikan tausiah di hadapan ratusan santri dan ulama Nahdlatul Ulama. "Nanti ke depan ada harapan tumbuh mobil nasional. Semua usaha juga dimulai dari kecil," katanya disambut tepuk tangan meriah ratusan orang yang hadir dalam acara silaturahmi itu.

Ma’ruf Amin juga mengatakan, baru-baru ini ia berbincang dengan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad untuk mengembangkan mobil Asian. "Dan kita bikin pasar Asia sebagai pasar yang dominan dikuasai, tidak tergantung pihak luar. Apalagi kalau bisa mengekspor ke luar," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan kelanjutan produksi mobil Esemka kini di tangan pihak industri. Tugas pemerintah hanya mendorong agar mobil tersebut segera uji emisi dan laik jalan.

Setelah jadi, ya, diserahkan kepada industri. Mau diproduksi atau tidak produksi, ya bukan urusan kami lagi," katanya di Indonesia Convention Exhibition, BSD, Tangerang, Rabu, 24 Oktober 2018.

Menurut dia, tidak mungkin seorang presiden yang membuat pabrik sendiri untuk memproduksi mobil Esemka.

Baca juga: Kelanjutan Mobil Esemka Dipertanyakan, Inilah Jawaban Sukiyat

Jokowi menjelaskan mobil Esemka mulanya merupakan prototipe dari anak-anak Sekolah Menengah Kejuruan di Solo, Jawa Tengah, yang dibantu sejumlah teknisi perusahaan besar. Saat menjabat sebagai wali kota Solo, Jokowi mendukung agar mobil itu lolos uji emisi dan tes laik jalan.

"Ya kan bagus dan saya saat itu menjadi wali kota hanya mendorong. Jangan dipikir saya yang membuat mobil Esemka," ujarnya.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT