Direktur IMF Batal Hadir di Forum Ekonomi Arab Saudi
TEMPO.CO | 18/10/2018 20:00
Direktur Pelaksana International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde menyampaikan paparan terkait Pemberdayaan Wanita di Dunia Kerja pada rangkaian Pertemuan Tahunan IMF World Bank Group 2018 di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bal
Direktur Pelaksana International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde menyampaikan paparan terkait Pemberdayaan Wanita di Dunia Kerja pada rangkaian Pertemuan Tahunan IMF World Bank Group 2018 di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bali, Selasa 9 Oktober 2018. ICom/AM IMF-WBG/Puspa Perwitasari

TEMPO.CO, Jakarta - Direktur Pelaksana IMF, Christine Lagarde, batal hadir di konferensi investasi yang diselenggarakan di Riyadh, Arab Saudi, di tengah dugaan pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Dilaporkan Reuters, 18 Oktober 2018, sebelumnya pada Sabtu 13 Oktober, Lagarde mengatakan pada konferensi pers di Indonesia bahwa dia tidak berniat untuk mengubah rencana kunjungannya ke Arab Saudi tetapi merasa takut oleh laporan media tentang hilangnya wartawan Arab Saudi, Jamal Khashoggi, di konsulat Saudi di Istanbul.

Baca: Washington Post Terbitkan Tulisan Terakhir Jamal Khashoggi

"Perjalanan Direktur sebelumnya yang dijadwalkan ke kawasan Timur Tengah, telah ditunda," kata juru bicara IMF dalam sebuah pernyataan Selasa 16 Oktober, tanpa memberikan alasan untuk keputusan tersebut.

Menteri Keuangan Sri Mulyani (kiri) menyapa Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde ketika menghadiri Host Country Reception dalam Pertemuan Tahunan IMF - World Bank Group 2018 di Garuda Wisnu Kencana, Bali, Jumat, 12 Oktober 2018. ICom/AM IMF-WBG/Zabur Karuru

Acara forum investasi yang akan digelar di Arab Saudi, yang dikenal sebagai "Davos in the desert" berujung pada eksodus pemimpin bisnis global, termasuk CEO JPMorgan Chase dan Uber, serta perusahaan asing lain dalam seminggu terakhir karena kasus Jamal Khashoggi. 

Dilansir dari CNN, Lagarde mengatakan bahwa tugasnya adalah untuk melakukan bisnis IMF di seluruh pelosok dunia, dan dengan banyak pemerintah. Namun dia menngatakan telah mengikuti informasi yang beredar dalam beberapa hari ke depan.

Poster Jamal Khashoggi. Sumber : gagersdaily.com

"FII adalah platform global yang berfokus pada identifikasi tren dan peluang ekonomi masa depan, mendefinisikan masa depan industri dan mendiskusikan bagaimana investasi dapat berkontribusi terhadap kemakmuran dan pembangunan global secara keseluruhan," kata pihak Public Investment Fund Arab Saudi, dikutip dari Arabnews. 

Baca: Jamal Khashoggi Hilang, Media Asing Batal ke Acara Arab Saudi

Tiga tema utama dari acara tahun ini adalah investasi dalam transformasi, teknologi sebagai peluang, dan memajukan potensi manusia.

Future Investment Initiative (FII) berlangsung dari 23 hingga 25 Oktober di Riyadh, Arab Saudi, rencananya akan dihadiri oleh 150 lebih pembicara dari 140 organisasi yang berbeda, termasuk Menteri Keuangan AS Steve Mnuchin dan Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT