Paskibra Asian Games Belum Dapat Honor, Ini Penjelasan Inasgoc
TEMPO.CO | 16/10/2018 15:52
Atlit Cabang Angkat besi Indonesia Sri Wahyuni Agustiani saat berfoto bersama pemenang Asian Games 2018 kelas 48 kg di Jakarta, 20 Agustus 2018. Sri Wahyuni berhasil mendapat medali Perak dan kalah dari Lifter dari Korea Utara Ri song Gum yang  mendapatka
Atlit Cabang Angkat besi Indonesia Sri Wahyuni Agustiani saat berfoto bersama pemenang Asian Games 2018 kelas 48 kg di Jakarta, 20 Agustus 2018. Sri Wahyuni berhasil mendapat medali Perak dan kalah dari Lifter dari Korea Utara Ri song Gum yang mendapatkan emas dan Perunggu diraih oleh Lifter Thunya Sukcharoen. Tempo/Amston Probel

TEMPO.CO, Jakarta - Inasgoc membenarkan belum membayar honor anggota Paskibra yang terlibat dalam tim upacara penghormatan pemenang (UPP) Asian Games 2018. Alasannya, ada perubahan jumlah honor sehingga panitia masih menghitung berapa jumlah yang harus diberikan.

Baca: Akhirnya, Siswa SMAN 70 Terima Honor Menari Asian Games 2018

"Agak delay (ditunda) karena ada permohonan ditambah dari perencanaan," ujar Deputy Games Operation Inasgoc Harry Warganegara, Selasa, 16 Oktober 2018. Harry belum bisa memastikan kapan honor itu diberikan.

Awalnya, kata Harry, penghitungan honor kepada tim UPP disesuaikan dengan jumlah hari mereka bertugas mengerek bendera atau medal ceremony day. Namun belakangan, panitia juga diminta untuk memberikan honor kepada tim UPP yang standby. Sebab, mereka juga berlatih dan menjadi tim cadangan, serta membantu persiapan tim. "Ini disetujui, karena itu harus dihitung berapa anggarannya,” kata Harry.

Adapun besar honor yang bakal diberikan Rp 400 ribu per hari. Honor tersebut mengacu sesuai Standar Biaya Masukan Lainnya (SBML) dari Kementerian Keuangan. "Jumlah tersebut belum dipotong pajak," ujarnya.

Sebelumnya, anggota Paskibra yang dilibatkan dalam tim upacara penghormatan pemenang Asian Games 2018 mempertanyakan honor mereka yang tak kunjung diterima. Padahal sebelumnya mereka dijanjikan per hari akan mendapat honor Rp 400 ribu ditambah Rp 150 ribu uang transport.

Sebanyak 320 anggota Paskibra yang dilibatkan dalam Asian Games 2018. Mereka menjalani latihan selama 14 hari dan bertugas 10 hari saat perhelatan berlangsung. Jika dihitung secara total, per orang seharusnya menerima honor sebesar Rp 13,2 juta.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT