Rumor Pribadi di Sekitar Pilkada, Azwar Anas: Ada Pembunuhan Karakter
TEMPO.CO | 05/01/2018 13:52
Rumor Pribadi di Sekitar Pilkada, Azwar Anas: Ada Pembunuhan Karakter
Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul, kiri) dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menjadi pasangan bakal calon gubernur-wakil gubernur yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan di pilgub Jawa Timur 2018. Tempo/Putri.

TEMPO.CO, Surabaya -Bakal calon wakil gubernur Jawa Timur, Abdullah Azwar Anas menyatakan ada yang tengah melakukan pembunuhan karakter terhadap dirinya di sekitar pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jawa Timur. “Terkait apa yang jadi desus-desus itu, saya sudah biasa ditempa pembunuhan karakter.” Anas menyampaikannya dalam siaran pers yang diterima Tempo, Jumat, 5 Januari 2018. 

Tidak hanya pembunuhan karakter, keluarganya juga kerap menerima teror. Perlakuan seperti ini, kata dia, sudah ia terima sejak tahun kedua menjabat Bupati Banyuwangi.

Baca:
Tentang Azwar Anas di Pilkada Jatim, Ini Pesan Sekjen PDIP
PDIP Jawab Isu Evaluasi Dukungan untuk Azwar ...

Contohnya ketika ia menerapkan sejumlah peraturan. Di antaranya terkait pelarangan pasar modern, saham bagi rakyat di sektor pertambangan, dan sebagainya. ”Saya juga dikirimi macam-macam gambar di masa lalu untuk mencegah saya mengambil kebijakan-kebijakan tertentu.” Tapi ia tetap lanjutkan apa yang baik bagi orang banyak. 

Anas menyatakan membangun daerah memang bukan suatu hal yang mudah karena terdapat banyak tantangan. Ia mengaku sudah terbiasa menghadapi jika ada yang menyerang berkaitan dengan momen politik. “Tapi karena dukungan penuh masyarakat, kemudian terbukti banyak perubahan di Banyuwangi. Ya ini saya anggap sebagai risiko lah, apapun yang datang menghadang untuk kebaikan banyak orang.”

Baca juga:
Isu Azwar Anas Mundur dari Pilgub Jatim, Gus ...

Meski mengakui banyak tantangan, Anas mengklaim program-programnya berhasil meningkatkan pendapatan per kapita Banyuwangi sebesar 99 persen dari Rp20,8 juta per orang per tahun menjadi Rp41,46 juta per orang per tahun pada 2016. Angka kemiskinan pun menurun cukup pesat menjadi 8,79 persen pada 2016, jauh lebih rendah dibanding rata-rata provinsi Jawa Timur yang tembus dua digit.

Produk Domestik Regional Bruto Banyuwangi, kata dia, naik 104 persen dari Rp32,46 triliun menjadi Rp66,34 triliun. Banyuwangi juga terus menjadi daerah dengan inflasi terendah se Jawa Timur. Banyuwangi juga sudah punya Mal Pelayanan Publik yang mengintegrasikan ratusan izin dan dokumen di satu tempat yang transparan. “Tanpa pungli,” kata Abdullah Azwar Anas.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT