Selama Erupsi, Jalur Pendakian ke Gunung Soputan Ditutup
TEMPO.CO | 03/10/2018 12:50
Gunung Soputan di Sulawesi Utara bererupsi. Foto/Dok BNPB
Gunung Soputan di Sulawesi Utara bererupsi. Foto/Dok BNPB

TEMPO.CO, Minahasa Tenggara - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minahasa Tenggara menyatakan jalur pendakian ke Gunung Soputan ditutup selama terjadi erupsi.

Baca: Gunung Soputan di Sulawesi Utara Meletus, Ini Imbauan PVMBG

"Saat ini jalur pendakian dari berbagai arah ditutup selama erupsi," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Minahasa Tenggara Erick Manaroinsong di Silian, Rabu, 3 Oktober 2018.

Gunung Soputan mengalami erupsi lagi pada Rabu, 3 Oktober 2018, pukul 08.47 Wita. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat erupsi gunung tersebut menghasilkan kolom abu teramati lebih kurang setinggi 4 kilometer dari puncak gunung atau setara lebih kurang 5.809 meter di atas permukaan laut. Sejak Rabu dinihari, status gunung tersebut naik dari level II waspada menjadi level III atau siaga.

Masyarakat diminta tidak mendekat ke arah Gunung Soputan radius 4 kilometer. "Aktifitas kami batasi di radius empat kilometer untuk aktifitas masyarakat dari puncak gunung," katanya.

Baca: Gempa Palu M7,4 Diduga Picu Letusan Gunung Soputan

Ia juga mengimbau agar masyarakat yang melakukan penambangan di sekitar gunung, menghentikan sementara. "Bagi masyarakat yang menambang atau berkebun, kami minta untuk tidak melakukan aktivitas di sekitar gunung," katanya.

Saat ini, kata dia, kondisi letusan dan dampak setelah letusan masih terus dipantau. "Kami saat ini masih memantau dampak setelah erupsi," tuturnya.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT