Dua Desa di Lampura Belum Cairkan ADD April – Mei 2022
TERASLAMPUNG.COM | 24/08/2022 12:20
Dua Desa di Lampura Belum Cairkan ADD April – Mei 2022
Ilustrasi

Teraslampung.com, Kotabumi-Dua desa di Lampung Utara belum mencairkan Alokasi Dana Desa (ADD) bulan April – Mei. Padahal, desa – desa lainnya sudah mau mencairkan ADD bulan Juni – Juli 2022.

“Ada dua desa yang belum mengajukan pencairan ADD bulan April – Mei,” jelas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat ‎dan Desa, Abdurahman, Selasa (23/8/2022).

Kedua desa yang belum mengajukan pencairan itu ialah Desa Bandarsakti, Abung Surakarta, dan Desa Oganjaya, Sungkai Utara. Ia mengaku, tidak begitu mengetahui apa yang menjadi alasan dari kedua desa tersebut tidak mengajukan pencairan tersebut. Namun, ia memperkirakan hal itu dikarenakan masih ada proses administrasi yang belum dirampungkan.

“‎Kondisi ini jelas akan berdampak bagi roda pemerintahan di sana. Semoga hal ini tidak berlangsung lama,” katanya.

Abdurahman menjelaskan, kondisi yang dialami oleh kedua desa tersebut berbanding terbalik dengan ratusan desa yang ada. Sebab, desa – desa lainnya telah mengajukan pencairan ADD untuk‎ bulan Juni – Juli. Total dari 232 desa yang ada, 208 di antaranya telah mengajukan pencairan tersebut.

“Jadi, masih ada 24 desa yang belum mengajukan pencairan ADD bulan Juni – Juli,” tutur dia.

Kendati demikian, Abdurahman menyampaikan, pihaknya tidak mengetahui apakah ke-208 desa tersebut telah menerima ADD mereka atau belum. Itu dikarenakan proses pencairan ada di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset, sedangkan pihaknya hanya bersifat meneruskan setiap pengajuan pencairan yang masuk ke mereka.

“Setelah semua lengkap, seluruh pengajuannya kami sampaikan ke BPKA. Jadi, kami enggak tahu apakah dana itu sudah cair atau belum,” terangnya.

 

**


BERITA TERKAIT