Sidang Paripurna DPRD Lampung Utara Digelar Malam Hari, Ini Alasannya
TERASLAMPUNG.COM | 15/08/2022 11:36
Sidang Paripurna DPRD Lampung Utara Digelar Malam Hari, Ini Alasannya

Teraslampung.com, Kotabumi–Penandatanganan nota kesepakatan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara harus dilakukan sebelum tanggal 13 Agustus. Jika di atas tanggal tersebut maka tidak akan dinilai oleh pihak KPK.

“Inilah alasannya mengapa sidang paripurna terpaksa digelar pada malam hari,” jelas Ketua DPRD Lampung Utara, Wansori usai sidang paripurna penandatanganan nota kesepakatan rancangan KUA-PPAS tahun 2023, Sabtu malam (13/8/2022).

Ia menyampaikan, monitoring Centre for Prevention KPK telah menetapkan tanggal 13 Agustus menjadi batas waktu penandatanganan rancangan KUA-PPAS tahun 2023. Di luar tanggal tersebut maka KPK tidak akan memberikan n‎ilai pada pemerintah daerah termasuk Lampung Utara.

“Karena waktu yang tersedia tidak banyak maka terpaksa kami melakukannya malam hari. Jika tidak, kita akan diberi nilai nol oleh MCP KPK,” kata dia.

Di lain pihak, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Lampung Utara, Andi Wijaya juga membenarkan hal tersebut. Baik eksekutif maupun legislatif semata – mata hanya menjalankan instruksi MCP KPK agar penandatanganan nota kesepakatan itu tepat waktu.

“Tentunya, kami tidak ingin jika Lampung Utara mendapat penilaian nol oleh MCP KPK,” terangnya.

Disinggung mengenai apakah sidang paripurna yang dilakukan di luar jam kerja berpotensi melanggar aturan ‎hukum yang ada, ia menyebutkan, sepengetahuannya belum ada aturan apa pun yang melarang mengenai hal tersebut.

“Enggak ada aturan yang melarang penandatanganan itu dilakukan di luar jam kerja,” kata dia.

 

**


BERITA TERKAIT