Lampung Utara Zona Merah, Islamic Center Dijadikan Tempat Perawatan Pasien Covid-19
TERASLAMPUNG.COM | 09/07/2021 08:22
Lampung Utara Zona Merah, Islamic Center Dijadikan Tempat Perawatan Pasien Covid-19
Kata "COVID-19" tercermin dalam setetes jarum suntik dalam ilustrasi yang diambil pada 9 November 2020. [REUTERS / Dado Ruvic / Ilustrasi]

Kotabumi–Pemkab Lampung Utara ‎berencana menyulap kompleks Islamic Center menjadi tempat para pasien Covid-19. Langkah ini diambil sebagai langkah antisipatif terhadap kembali terjadi lonjakan kasus Covid-19 di masa mendatang.

“Rencananya untuk isolasi manakala ada kasus positif Covid-19 yang membludak di masa mendatang,” jelas Bupati Budi Utomo usia meninjau kompleks Islamic Center, Kamis (8/7/2021).

Pihaknya akan mempersiapkan 69 set tempat tidur berikut peralatan yang dibutuhkan di lokasi tersebut. Rinciannya, 50 set tempat tidur di dalam gedung serba guna, dan 19 tempat tidur lainnya di ruangan yang berada di samping gedung itu.

“Ini langkah persiapan karena saat ini Lampung Utara statusnya zona merah Covid-19. Mudah – mudahan ledakan kasus tidak kembali terjadi,” kata dia.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Lampung Utara ini juga mengaku telah meminta pihak Dinas Kesehatan untuk mempersiapkan tenaga – tenaga kesehatan saat lonjakan kasus terjadi. Para tenaga kesehatan itu akan diambil dari puskesmas – puskesmas yang tingkat kasusnya sedikit.

“Soal tenaga medis sudah dibicarakan dengan‎ Kepala Dinas Kesehatan,” terangnya.

‎Ditemukannya ratusan kasus positif sejak tanggal 27 Juni – 4 Juni lalu membuat status Lampung Utara naik menjadi zona merah Covid-19. Status itu ditetapkan oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Indonesia. ‎

‎Hinga kini, total pasien Covid-19 telah mencapai 2.293 orang. Dengan rincian, 1.681 orang selesai isolasi, 86 meninggal dunia, dan sisanya sedang menjalani isolasi atau perawatan.

teraslampung.com


BERITA TERKAIT