KPK Tempo Institute dan AJI Gelar Pelatihan Jurnalis Lawan Korupsi di Lampung
TERASLAMPUNG.COM | 09/08/2019 15:23
KPK Tempo Institute dan AJI Gelar Pelatihan Jurnalis Lawan Korupsi di Lampung

TERASLAMPUNG.COM –- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Tempo Institute dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) akan menggelar pelatihan jurnalistik bertajuk “Jurnalis Lawan Korupsi”, di Hotel Horison, Bandarlampung, Sabtu mendatang, 10 Agustus 2019.

Ketua AJI Bandarlampung Hendry Sihaloho mengatakan, pelatihan tersebut digelar di 10 kota di Indonesia. Salah satunya Lampung. Tujuannya:  untuk meningkatkan pengetahuan dan memberikan sudut pandang baru terkait dengan pencegahan korupsi. Nantinya, KPK akan menghadirkan praktisi media, pegawai KPK dari Direktorat Pencegahan, dan aktivis antikorupsi.

BACA: KPK: Tempat Wisata Tegal Mas Masih Bisa Dikunjungi

“Pihak KPK membatasi jumlah peserta. Kami sudah mendapatkan sebanyak 36 peserta pelatihan. Mereka terdiri dari jurnalis profesional, jurnalis mahasiswa, dan jurnalis warga,” kata Hendry melalui rilisnya, Kamis, 8/8/2019.

Selain meningkatkan pengetahuan publik, lanjut dia, tujuan pelatihan tersebut juga memberi perspektif tambahan tentang pencegahan korupsi. Kemudian, meningkatkan isu pencegahan melalui pemberitaan dan publikasi.

“Hasil yang ingin dicapai, antara lain peserta mendapatkan ide untuk menulis tentang pencegahan korupsi, pengetahuan peserta tentang pencegahan korupsi meningkat, dan peserta tergugah untuk menulis tentang pencegahan korupsi,” ujarnya.

BACA: KPK Menyegel Dermaga Tegal Mas di Pantai Marita. Ini Alasannya

Hendry menambahkan, nantinya KPK akan menggelar lomba jurnalistik untuk dua kategori, yaitu jurnalis profesional dan jurnalisme warga. Ada empat bentuk produk pemberitaan yang dilombakan, yakni video, audio, foto, dan tulisan. Tema berita yang dilombakan akan fokus tentang pencegahan.

“Terdapat lima sektor yang akan menjadi fokus lomba jurnalistik. Kelimanya, sumber daya alam, pendidikan, kesehatan, dana desa, dan pelayanan publik. Di Lampung, tema besar yang akan disampaikan adalah mengenai pengadaan barang dan jasa,” kata dia

TERASLAMPUNG.COM


BERITA TERKAIT