Polisi Buru 5 Provokator Pemicu Konflik Berdarah di Mesuji
TERASLAMPUNG.COM | 22/07/2019 15:00
Polisi Buru 5 Provokator Pemicu Konflik Berdarah di Mesuji
Petugas kepolisian bersama warga mengangkat korban tewas akibat bentrok di Register 45 Kabupaten Mesuji, Lampung, 17 Juli 2019. Bentrokan dipicu mengenai lahan garapan di wilayah hutan register 45 Mesuji. Istimewa

TERASLAMPUNG.COM — Empat hari setelah terjadinya bentrokan dua kelompok warga di Register 45 Mesuji yang menewaskan tiga orang (17/7/2019), Polda Lampung sudah memeriksa belasan saksi. Polisi juga masih mengejar lima orang yang diduga menjadi provokator.

BACA: Pasca-Bentrok di Register 45 Mesuji, Polisi Temukan Beragam Senjata

“Polda sudah memeriksa 15 saksi dalam bentrokan antara kelompok Mesuji Raya dengan Mekar Jaya Abadi. Sebanyak 10 kendaraan roda dua dan sepucuk senjata api rakitan juga sudah kami amankan sebagai barang bukti,” kata  Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, Minggu, 21 Juli 2019.

Menurut Arsyad, beberapa barang bukti lainnya berupa senjata tajam, sarung dipergunakan kedua kelompok ikut diamankan guna proses pengungkapan,” tuturnya.

BACA: Bentrok di Register 45 Mesuji, Tiga Warga Dikabarkan Tewas

“Semua barang bukti sudah teridentifikasi, dan tim kepolisian tengah mencari aktor kerusuhan. Dari fakta-fakta yang ada kemudian kami mengindentifikasi untuk mencari aktor atau provokator kerusuhan,”kata dia.

Aparat gabungan Polri dan TNI yang  melakukan penyisiran di lokasi kejadian usai bentrokan di Register 45 Mesuji menemukan beragam senjata serta barang bukti sepeda motor.

Penyisiran lokasi dilakukan sejak peristiwa itu terjadi, Rabu, 17 Juli 2019, hingga Jumat (19/7/2019).

“Hasil penyisiran di lokasi kejadian (Register 45 Mesuji), petugas menemukan barang bukti berupa sepeda motor, senjata tajam bahkan senjata api rakitan. Sejumlah barang bukti yang ditemukan ini diduga digunakan warga antar dua kelompok saat bentrok,”kata Kapolres Mesuji, AKBP Eddie Purnomo kepada Teraslampung.com, Jumat (19/7/2019).

Semua barang bukti tersebut, kata AKBP Eddie Purnomo, saat ini telah diamankan di Mapolres Mesuji guna proses penyelidikan lebih lanjut.

BACA: Ini Kronologi dan Nama Tiga Korban Tewas dalam Bentrok di Register 45 Mesuji

Meskipun sudah menemukan banyak barang bukti, Eddie mengaku pihaknya masih berupaya melakukan penyisiran di lokasi kejadian untuk memastikan dugaan adanya barang bukti lainnya.

“Kami terus berupaya melakukan penyisiran di sekitar lokasi, mencari adanya barang bukti lainnya,”ujarnya.

Dikatakannya, hingga saat ini petugas yang melakukan penjagaan di lokasi kejadian, ada sekitar 500 personel dari kepolisian dan dibantu 30 personel dari Kodim 0426 Tulangbawang. Sementara untuk penarikan dan penambahan personel, akan dilihat situasinya.

Terkait solusi konflik yang kerap terjadi di tanah kawasan milik negara tersebut, kata AKBP Eddie Purnomo, akan segera dilakukan pertemuan antara Pemkab Mesuji, Polres Mesuji dan Kodim 1426 Tulangbawang dengan Pemkab Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan.

TERASLAMPUNG.COM


BERITA TERKAIT