Walhi Lampung Gelar Pemilihan Direktur Eksekutif dan Dewan Daerah Periode 2019 - 2023
TERASLAMPUNG.COM | 03/07/2019 15:30
Walhi Lampung Gelar Pemilihan Direktur Eksekutif dan Dewan Daerah Periode 2019 - 2023

TERASLAMPUNG.COM — Wahana Lingkungan Hidup atau Walhi Lampung mengadakan Pertemuan Daerah Lingkungan Hidup (PDLH) VIII,  di Wisma Unila,  Bandarlampung, Rabu, 3 Juli 2019.

Menurut Direktur Eksekutif Walhi Hendrawan pertemuan ini bertujuan memilih dan menetapkan direktur eksekutif dan Dewan Daerah Walhi Lampung periode 2019 – 2023.

BACA: Percobaan Pembunuhan Direktur Walhi NTB, Polisi Diminta Usut Tuntas

“Agenda lainnya menyusun strategis 4 tahun ke depan, mengesahkan dan mengevaluasi pertanggungjawaban eksekutif daerah periode sebelumnya 2015 -2019 serta mengevaluasi kerja-kerjanya dan menenetukan arah advokasi lingkungan ke depan,” jelasnya.

Menurut Hendrawan,  PDHL  merupakan ajang untuk proses regenerasi dan kaderisasi kepengurusan. “Proses penjaringan calon sudah dilakukan dan ada dua calon direktur eksekutif yang pertama Irfan tri musri dan Iqbal Panji Putra serta 4 orang calon dewan daerah yang dipilih dalam dua hari, 3 – 4 Juli 2019,” katanya.

BACA: Ajak Puluhan Mahasiswa, Walhi Lampung Gelar Youth Sanitation Camp

Hendrawan mengatakan PDHL juga melibatkan pandangan publik tentang Walhi Lampung. Antara lain dari anggota dewan provinsil, dari Dinas Kehutanan, Dinas Lingkungan Hidup, aktivis media,  NGO,  dan akademisi. “Harapannya dari pandangan publik ini menjadi arah advokasi pengurus Walhi Lampung ke depan,” ujarnya.

Sementara itu anggota DPRD Provinsi Lampung dari Komisi II, Joko Santoso, dalam pandangannya menilai Walhi Lampung sudah memberikan kontribusi dan memberi warna terhadap regulasi yang dibuat dewan.

“Salah satunya Perda distribusi gabah. Karena petani petani Lampung dalam memproses gabah menjadi beras bukan di Lampung. Perda ini mengatur prosesnya di lokal sebab dari penggilingan bisa menambah perekonomian petani seperti dedak untuk pakan ternak,” jelas Joko yang mengaku pernah menjadi anggota Walhi Lampung juga.

Sedangkan Watoni Noerdin, anggota DPRD Lampung Fraksi PDI-P, berharap ke depan Walhi Lampung tetap mewarnai persoalan-persoalan lingkungan di Lampung. “Kami butuh sparing patner agar menghasilkan regulasi tentang lingkungan yang komprehensif, kami butuh masukan Walhi,” katanya.

Dandy Ibrahim


BERITA TERKAIT