Korupsi Rp 2,3 M di Dinas Pendidikan Lampung Selatan, Polda Tetapkan Tiga Tersangka
TERASLAMPUNG.COM | 03/07/2019 11:00
Korupsi Rp 2,3 M di Dinas Pendidikan Lampung Selatan, Polda Tetapkan Tiga Tersangka

TERASLAMPUNG.COM Kepolisian Daerah Lampung (Polda Lampung) mengungkap kasus dugaan tindak pidana korupsi pengadaan peralatan olahraga SD di Dinas Pendidikan Lampung Selatan tahun 2016 sebesar Rp 2,3 miliar.

Menurut Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, dalam kasus ini pihaknya sudah menetapkan tiga orang sebagai tersangka. Yaitu,  Y, ZR dan NM.

“Y adalah PNS didinas pendidikan Lamsel selaku PPK ( pejabat pembuat komitmen). ZR adalah rekanan/ pemilik modal dan NM adalah rekanan/wakil direktur CV Mika Kharisma,” kata Zahwani pada ekspos kasus di Mapolda Lampung, Selasa, 2 Juli 2019.

Lainnya: Indonesia Negeriku Lampung Barat Kopiku

Zahwani menjelaskan ketiganya melakukan korupsi dengan modus tersangk Y diduga menerima uang setoran sebesar Rp460 juta dari ZR. Uang itu diterima  sebelum lelang dimulai.

“Setelah menerima setoran, ketiganya mengatur jalannya lelang agar dimenangkan oleh NM. Berdasarkan audit BPKP negara mengalami kerugian sekitar Rp1.8.000.000,” katanya.

Selama proses penyidikan NM sempat melarikan diri dan menjadi DPO sejak Desember 2018, namun pada Mei 2019 tersangka tertangkap di tempat persembunyiannya di Serpong,Tangerang Selatan.

Berdasarkan bukti bukti yang ada ketiga tersangka melanggar Pasal 2 ayat (1) UU TP Korupsi UU Nomor 31/1999 sebagaimana telah diubah UU Nomor 20/2001 jo Pasal 55 ayat (1)ke-1 KUHP.

Mas Alina Arifin


BERITA TERKAIT