Pasca-Tsunami Selat Sunda, Pemerintah akan Bangun Kembali Rumah Warga yang Hancur
TERASLAMPUNG.COM | 25/12/2018 11:23

Kunjungan Gubernur Lampung dan Menteri Kabinet Kerja ke Desa Way Muli,Selasa, 25 Desember 2018.

TERASLAMPUNG.COM -- Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo bersama Wagub Bachtiar Basri dan sejumlah menteri Kabinet Kerja meninjau lokasi terjadinya gelombang pasang tsunami di Desa Way Muli, Lampung Selatan, Selasa siang, 25 Desember 2018.

Rombongan Menteri Kabinet Kerja antara lain Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, dan Menteri Koordinator PMK Puan Maharani. Tampak pula Plt Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto.

Selain mengunjungi Desa Way Muli, rombongan Gubernur Lampung dan Menteri Kabinet Kerja juga mengunjungi para korban luka-luka di RSUD Bob Bazar di Kalianda, Lampung Selatan.

Dalam kunjungan tersebut Gubernur Ridho menyatakan pihaknya dirinya telah berkordinasi dengan Menteri PU PR dan Bupati Lampung selatan untuk melakukan perbaikan dan pembangunan rumah bagi masyarakat yang rumahnya hancur terkena terjangan gelombang pasang pada Sabtu malam, 22 Desember 2018..

"Hari ini begitu banyak masyarakat kita yang terkena musibah, yang rumahnya itu rata dengan tanah. Kemarin saya juga sudah meninjau kesini, juga kerumah sakit. saya berbincang-bincang dengan para korban, ada yg dioperasi dan lain sebagainya. Mereka sedih, menangis, tapi bukan nangis kareana sakit di operasi, tapi karena harta bendanya sudah hilang semua, rumahnya rata dengan tanah. Untuk itu sesegera mungkin kita akan lakukan rehabilitasi area pemukiman, karena nggak mungkin kita menampung mereka semua dipenampungan maupun dirumah sakit hingga terlalu lama," papar Gubernur Ridho.

Gubernur Ridho juga mengaku telah berkoordinasi dengan Bupati Lampung Selatan untuk mempersiapkan pemukiman dengan segera.

"kita akan siapkan area pemukiman dengan segera, Pak Bupati Lampung Selatan sudah memberikan gambaran lokasi alternatif yang dapat dijadikan area pemukiman yang aman tapi juga tidak jauh dari mata pencaharian masyarakat, karena seperti kita ketahui, sebagian besar mata pencaharian masyarakat adalah nelayan," kata Gubernur Ridho.

Sementara itu untuk lokasi lain seperti pulau sebuku, sebesi dan pulau lainnya, Gubernur Ridho menyatakan Pemprov Lampung telah mendistribusi bantuan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan, serta Polair. Adapun bantuan yang disalurkan berupa makanan dan minuman, obat-obatan, selimut dan logistik lainnya yang diperlukan masyarakat setempat.

The post Pasca-Tsunami Selat Sunda, Pemerintah akan Bangun Kembali Rumah Warga yang Hancur appeared first on Teras Lampung.