Calo Jabatan Berkeliaran di Kabupaten Tasikmalaya
KABARPRIANGAN.CO.ID | 09/05/2019 14:01
Calo Jabatan Berkeliaran di Kabupaten Tasikmalaya
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Tasikmalaya Muhamad Zen

SINGAPARNA, (KAPOL).Kabar adanya calo jabatan yang berkeliaran menjelang rotasi-mutasi dan promosi di lingkungan Pemkab Tasikmalaya nampaknya bukan isapan jempol semata. Pelakunya yang bahkan mengatasnamakan orang dekat Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto, dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Muhamad Zen, bahkan dengan berani meminta nominal uang dengan dalih bisa membantu rotasi-mutasi jabatan.

Dikatakan Muhamad Zen, situasi saat ini dimana Bupati Tasikmalaya bakal merotasi sejumlah jabatan dimanfaatkan oleh pihak-pihak tidak bertanggungjawab. Bahkan baru kemarin, pihaknya menerima laporan adanya pelaku yang mengiming-iming bisa membantu rotasi mutasi jabatan dengan cara menelepon dan meminta sejumlah uang imbalan.

BACA:

“Kemarin terus terang kami sudah berkordinasi dengan Polisi, setelah ada yang menelepon ke orang Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) dan Dinas LH (Lingkungan Hidup). Ternyata setelah dideteksi berada di Karawang Timur, yang satunya lagi ada di Cipacing Sumedang,” jelas Zen, ketika ditemui seusai pelantikan rotasi, mutasi jabatan sejumlah pejabat di Pendopo Baru, Selasa (7/5/2019).

Pihaknya berhasil mendeteksi sampai lokasi dan alamat rumah yang bersangkutan. Makin terbukannya teknologi informasi memudahkan siap pun mengakses data-data kepegawaian, termasuk sampai kepada pihak yang tidak bertanggungjawab. Pada saat menelpon, pelaku ini sampai meminta-minta uang. Namun untungnya, hingga kini dilaporkan tidak sampai ada jatuh korban penipuan ini.

Upaya penipuan serupa, dikatakan Zen, juga terjadi pada proses CPNS (calon pegawai negeri sipil) dan P3K (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) di lingkungan Pemkab Tasikmalaya beberapa waktu lalu. Oleh karenanya ia menghimbau semua pihak agar lebih waspada dan tidak percaya pada iming-iming membantu meloloskan jabatan tertentu.

BACA: Giliran Ustad Kobong Apresiasi KPU Dan TNI-Polri Dalam Melaksanakan Pemilu Jurdil

Kejadian inipun sampai kepada telinga Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto. Bahkan mengatasnamakan dirinya dan kepala BKD, tentang adanya mahar-mahar pencaloan jabatan. Akan tetapi menjamin hal itu tidak ada. Sehingga semua harus hati-hati terkait adanya praktek ini. Sebab apabila melakukan praktek terlarang ini, maka harus siap menghadapi proses hukum ke pengadilan. Termasuk dijatuhkannya disiplin pelanggaran berat, mulai dibebas tugaskan hingga pemecatan.

“Bagi mereka yang punya keinginan, dan berharap-harap dapat menjadi calo seperti ini, ini warning dari saya. Saya jamin bersih semua,” tegas Ade.(Aris Mohamad F)

KABARPRIANGAN.CO.ID


BERITA TERKAIT