Usai Mencoblos, Pemilih di TPS Kertasari Ciamis Dapat Sebungkus Cabai Rawit
KABARPRIANGAN.CO.ID | 18/04/2019 09:40
Usai Mencoblos, Pemilih di TPS Kertasari Ciamis Dapat Sebungkus Cabai Rawit

CIAMIS,(KAPOL),-Berbagai upaya dilakukan petugas pemungutan suara untuk menarik partisipasi masyarakat datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Seperti yang dilakukan di TPS 11 Lingkungan Bolenglang, Kelurahan Kertasari, Ciamis.

Di TPS ini warga yang telah menyalurkan hak suaranya mendapat sekantong cabai rawit.

“Sebagai cinderamata, berhubung Pemilu kan lima tahun sekali jadi supaya ada kesan di masyarakat, abis nyoblos dapat cengek,” ujar ketua KPPS TPS 11 Irwan saat ditemui di TPS.

BACA JUGA: Bawaslu Dalami Temuan Politik Uang

Irwan mengaku cabai rawit meskipun sederhana namun harus ada di setiap rumah. Dengan membagikan cabai rawit ini sekaligus sosialisasi kepada warga untuk ikut menanam. Karena penanaman mudah dan perawatannya murah.

“Cabai rawit yang dibagikan ini semua hasil kebun dari petani binaan saya, berhubung saya bergerak di bidang pertanian. Sekarang ada momen Pemilu, hasil panen banyak jadi sekaligus berbagi,” ucapnya.

Menurut Irwan, ia menyediakan ratusan kantong ukuran kecil cabai rawit, dengan jumlah lebih dari jumlah pemilih. Warga sangat antusias dengan adanya cinderamata tersebut. Setiap warga rata-rata mengambil 1-2 kantong, namun ada juga yang sampai 3 hingga 5 kantong.

“Jumlah daftar pemilih di TPS ini 219 orang, jumlah cabai yang disediakan banyak lebih dari jumlah pemilih, jadi cukup untuk semua kebagian,” katanya.

BACA JUGA: Nyoblos, Uu Akui Kesulitan

Sementara itu, salah seorang warga, Muhamad Firgiawan, mengaku sudah dua kali ikut pencoblosan Pemilu. Namun baru kali ini ada habis nyoblos dapat cinderamata berupa sekantong cabai rawit.

“Ya bagus, menarik, biasanya kan cinderamata itu hiasan atau barang tapi ini sayuran, cabai rawit. Lumayan buat di rumah untuk masak,” ungkapnya saat ditemui usai mencoblos.(Yogi T Nugraha)

KABARPRIANGAN.CO.ID


BERITA TERKAIT