Berhenti di Stasiun Banjar, Wakil Wali Kota Banjar Minta Nama KA Pangandaran Diganti
KABARPRIANGAN.CO.ID | 09/01/2019 12:15
Berhenti di Stasiun Banjar, Wakil Wali Kota Banjar Minta Nama KA Pangandaran Diganti

BANJAR, (KAPOL).- Kereta Api (KA) Pangandaran dinilai tak berdampak positif untuk Kota Banjar. Dilihat dari subjek saja, kereta itu bernama “KA Pangandaran”, bukan KA Banjar. Demikian dikatakan Wakil Wali kota Banjar, Nana Suryana, Jumat (4/1/2019).

Kendati itu, dirinya mendukung terobosan PT KAI, melalui dioperasikannya relasi Stasiun Gambir-Bandung-Banjar (PP) dan Bandung-Banjar (PP) resmi diluncurkan di Stasiun Banjar, Rabu (2/1/2019) lalu, supaya transportasi darat berjalan cepat dan tepat waktu.

“Penamaan KA Pangandaran, secara otomatis nama Pangandaran yang sudah terkenal semakin terkenal saja sekarang ini. Sementara, Banjar hanya ada stasiun-nya saja,” ucap Nana.

Menurut dia, pemberian nama KA itu merupakan wewenang PT KAI. Namun, baik Pemkot Banjar maupun warga Kota Banjar, dipastikan berkeinginan nama KA Pangandaran itu diganti, misal KA Patroman.

Menyusul kenyataan itu, dia berharap masyarakat Banjar kecipratan ekonomi dari dioperasikannya KA Pangandaran. Melalui diberikannya keleluasan kepada Pemkot Banjar, ikut menentukan stasiun baru di Kota Banjar, selain Stasiun Banjar yang ada sekarang ini.

“Stasiun khusus tujuan Pangandaran itu diharuskan terpisah dan tidak jauh dari stasiun utama Banjar sekarang ini. Dengan adanya jarak dua stasiun di Banjar itu, diharapkan mampu menggeliatkan pelaku usaha dan perekonomian di Kota Banjar,” kata Nana kepada “KAPOL”.

Menurut dia, jika terbukti di Banjar hanya satu stasiun, paskareaktivasi KA dari Banjar tujuan Pangandaran nanti. Otomatis, tukang ojek, tukang becak dan pelaku usaha lainnya di Kota Banjar, merupakan yang pertama merasa dirugikan.

“Penumpang yang biasanya naik ojek atau becak dari stasiun Banjar dengan tujuan terminal Banjar, atau beli makanan sekitar Terminal Banjar dan sekitar Stasiun Banjar, otomatis berhenti – jika para penumpang KA itu langsung berangkat ke Pangandaran karena tidak turun dahulu di Kota Banjar,” ujar Nana.

Pj.Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjar, H.Edi Herdianto, mengatakan, jarak dari Kota Banjar ke Kab Pangandaran selama ini berkisar 80 km.

“Ya, lumayan masih jauh dan lama jika naik mobil tujuan ke Pangandaran. Yaitu, berkisar 80 km lagi ,”ujarnya. (D.Iwan)

KABARPRIANGAN.CO.ID

 


BERITA TERKAIT