Satgas Pangan Kota Tasikmalaya Sidak Harga Pangan di Pasar
KABARPRIANGAN.CO.ID | 14/12/2018 17:00
Satgas Pangan Kota Tasikmalaya Sidak Harga Pangan di Pasar

MANGKUBUMI, (KAPOL).- Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polres Tasikmalaya Kota dan Intansi Pemkot Tasikmalaya, melakukan sidak ke Pasar Cikurubuk, Kota Tasikmalaya, Kamis (13/12/2018). Operasi Pasar tersebut guna meninjau harga Kepokmas dalam rangka stabilisasi harga menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru 2019.

Penanggung Jawab sidak Satgas Pangan Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP. Febry Kurniawan Maruf mengatakan, Sidak dilaksanaka dalam rangka untuk memastikan stok pangan di wilayah Tasikmalaya menjelang Natal dan Tahun Baru aman, serta berjalan dengan normal. Pihaknya akan melakukan tindakan hukuman, jika ditemukan ada oknum yang mempermainkan harga bahkan melakukan penimbunan menjelang hari raya natal dan tahun baru.

“Operasi Pasar ini tentunya, merupakan salah satu kegiatan terpadu, baik Pemerintah, Kepolisian, TNI, kejaksaan, serta intansi terkait lainya yang ada di Kota Tasikmalaya. Kita berharap, tidak ada penimbunan dan kita tetap akan melakukan penyelidikan dan mencari informasi, jika ada penimbun bahan pokok dan barang kebutuhan lainya akan kita beri sanksi tegas,” katanya.

Adapun kesimpulan hasil Operasi Pasar & Sidak harga Kepokmas pada intinya, kata Febry,  Harga komoditi Telur masih terbilang tinggi khususnya ditingkat pengecer yang mencapai Rp. 25.000/Kg hal tersebut karena 60 % kebutuhan telur dikirim dari Blitar.

Sementara harga beras kualitas premium mengalami kenaikan harga namun masih terbilang wajar dan terus fluktuatif, Daging sapi dan Sayuran Holtikultura sejauh ini relatif stabil tidak terjadi kenaikan harga yang signifikan, salah satunya karena faktor menurunnya daya beli Masyarakat. Namun dipastikan ketersediaan sembako aman.

Walikota Tasikmalaya Budi Budiman yang turut serta dalam sidak tersebut menyampaikan, jelang natal dan tahun baru dipastikan ketersediaan pangan dan sembako aman. Meski ada beberapa komoditi yang mengalami kenaikan, namun tidak terlalu signifikan.

“Ketersedian bahan pokok aman hingga ahkir tahun ini. Stok bahan pokok pun mencukupi,” katanya.

Dikatakannya, sidak ini tidak hanya ketersedian bahan pokok saja. Namun sekaligus memantau harga-harga bahan pokok lainya seperti, telur ayam, sayuran dan beras  yang saat ini terjadi lonjakan harga. Sementara yang lainya masih terbilang stabil, bahkan ada yang mengalami penurunan.

“Semua harga masih dalam kategori normal. Ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan, namun alasan pedagang karena musim hujan yang memgakibatkan kenaikan barang di pasar belakangan ini,” katanya. (Erwin RW).

KABARPRIANGAN.CO.ID


BERITA TERKAIT