Eksotisme Tebing Appalarang yang Katanya Raja Ampat dari Bulukumba
KABARMAKASSAR.COM | 11/10/2019 17:42
Eksotisme Tebing Appalarang yang Katanya Raja Ampat dari Bulukumba
Pengunjung yang tengah asyik mengabadikan moment panorama keindahan di Tebing Apparalang. (IST).

KabarMakassar.com-- Sulawesi  Selatan merupakan salah satu provensi di Indonesia yang memiliki destinasi liburan menarik untuk melepas penat. Keindahan alam yang tak akan habisnya untuk kita bicarakan di provensi satu ini. Sabut saja saja salah satu kabupatennya yakni Bulukumba.

Bulukumba merupakan Kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan yang kerap dikunjungi selain Toraja karena memiliki ragam pilihan objek wisata. Bulukumba selalu ramai dikunjungi setiap akhir pekan ataupun waktu liburan sekolah.

BACA: Jelang Pelantikan Presiden, Jokowi dan Prabowo Melakukan Pertemuan di Istana

Di Bulukumba terdapat sebuah Pantai yang eksotis dengan dikelilingi tebing yang curam yang dikenal dengan Tebing Apparalang lokasi ini tepat berada di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba , Sulawesi selatan.

Untuk menyambangi tempat wisata di Bulukumba satu ini dibutuhkan waktu berkisar 4 hingga 5 jam dari kota Makassar, baik menggunakan transfortasi roda empat maupun roda dua.

Tak hanya itu, setelah tiba di Kota Bulukumba pengujung juga akan menempuh rute sepanjang kurang lebih 40 kilometer dari Bundaran Phinisi Kota Bulukumba, dan wisatawan akan disambut dengan jalan yang sedikit  berlubang dan jalanan beton serta jalanan dengan vaping yang sempit yang sebagiannya belum beraspal.

Namun yang menarik ketika masuk ke arena Apparalang pengujung akan disambut dengan jejeran toko souvenir dengan berbagai oleh-oleh khas daerah tempat pembuatan Phinis terebut, dan  yang lebih menakjubkan serta eksotis yakni pemandangan pantainya yang indah, tebing curam dan bebatuan karang alami yang masih terjaga dan terawat.

Salah seorang pengunjung asal Lappariaja Kabupaten Bone mengaku sangat terkesan dengan objek wisata di Bulukumba.

"Saya sangat terkesan dengan wisata di Bulukumba ini, terutama Apparalang, meski pertama kali ke sini tapi sangat dimanjakan dengan panoramanya,” ungkap Alimuddin saat berkujung di Tebing Apparalang, Minggu 6 Oktober 2019.

Senada dengan Alimuddin, Nuraeni istrinya juga merasakan hal yang serupa, namun hanya sedikit takut dengan tebing yang tidak dipagari dengan kayu. "Anakku tadi yang kelas 3 ku tegur saat foto-foto supaya tidak terlalu minggir, takutnya jatuh nanti,’’ tuturnya.

Tampaknya memang di sebagian sisi Apparalang tidak terlihat pembatas dari kayu dan juga rambu-rambu keselamatan bagi pengunjung terutama anak kecil.

"Saya berharap pengelola bisalah meminimalisir hal-hal yang belum terjadi, lebih mencegah daripada belakangan kecelakaa,” tambah Nuraeni.

Sekedar diketahui, bagi pengunjung yang suka selfie dan hal lainnya, maka persiapan cas smartphone dan juga kamera karena di Apparalang ini banyak sisi untuk berfoto mengabaikan moment anda saat berlibur di tempat ini.

BACA: Jurnalis Dipolisikan Saat Liput Kericuhan di Papua Barat

Meskipun terkesan menegangkan, objek wisata ini justru tak berkurang pesonanya bagi pengunjung. Jernihnya air laut membuat kamu mudah untuk melihat dasarnya. Di sekelilingnya terdapat bebatuan yang membuatnya menjadi lebih eksotis. Lebih serunya lagi, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas snorkeling menikmati surga mini Bulukumba tersebut. Sebab banyak yang menyebut Tebing Apparalang sebagai Mini Raja Ampat.

Adapun untuk karcis masuk, pengunjung hanya dikenakan biaya 15.000 rupiah per motor dan 50.000 rupiah untuk mobil.

KABARMAKASSAR.COM


BERITA TERKAIT