Ramadan Tahun Ini Pasar Takjil di Kota Kediri Boleh Dibuka
BACAINI.ID | 02/04/2022 14:39
Ramadan Tahun Ini Pasar Takjil di Kota Kediri Boleh Dibuka
Pedagang memakai masker saat melayani pembeli makanan untuk berbuka puasa di Pasar Rawamangun, Jakarta Timur, Senin, 4 Mei 2020. TEMPO/Hilman Fathurrahman W
 

Bacaini.id, KEDIRI – Pemerintah telah menetapkan awal Ramadan 1443 H jatuh pada Minggu, 3 April 2022, besok. Setiap memasuki bulan puasa, pasar takjil menjadi salah satu tradisi yang ditunggu masyarakat Kota Kediri.

Pasar takjil digelar di beberapa titik di Kota Kediri setiap tahunnya. Biasanya yang paling ramai berada di sepanjang Jalan Hayam Wuruk dan di sekitar bundaran Sekartaji di sepanjang Jalan Jaksa Agung Suprapto. Keberadaan pasar takjil ini juga menjadi ladang rejeki bagi para pedagang.

Lalu, apakah pasar takjil boleh digelar di Kota Kediri seperti biasa? Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar menyampaikan bahwa pasar takjil diijinkan untuk buka pada Ramadan tahun ini.

“Mengingat Kota Kediri berada pada PPKM Level 2, maka pasar takjil boleh digelar tetapi dengan syarat tetap patuh protokol kesehatan,” kata Abu Bakar, Jumat, 1 April 2022.

Tidak hanya imbauan penerapan protokol kesehatan, untuk memastikan keberadaan pasar takjil berjalan kondusif, patroli Satpol PP juga akan dilakukan secara intensif. Wali Kota juga mengatakan taman kota juga dibuka dan bisa digunakan masyarakat untuk ngabuburit.

Selain terkait pasar takjil, Abu Bakar menyampaikan untuk Salat Tarawih, Salat Wajib berjamaah juga diperbolehkan, begitu pula dengan iktikaf di masjid dengan syarat kapasitas maksimal 75 persen.

“Semua kegiatan masyarakat boleh dilakukan dengan syarat protokol kesehatan ketat, termasuk juga untuk mengadakan buka bersama. Namun sesuai dengan SE Kemenag, khusus untuk ASN dan pejabat tidak diperbolehkan menggelar buka bersama dan juga open house,” tandasnya.

Bacaini.id.


BERITA TERKAIT