Eks Kantor Wali Kota Payakumbuh Bakal Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19
LANGGAM.ID | 24/08/2021 08:51
Eks Kantor Wali Kota Payakumbuh Bakal Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19
Pasien terkonfirmasi COVID-19 memasuki bus sekolah untuk di rujuk ke sejumlah lokasi penanganan COVID-19 di Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta, Jumat, 11 Juni 2021. Pasien tersebut akan dirujuk ke Graha Wisata Ragunan, RSUD Jati Padang, dan RSDC Wisma Atlet Kemayoran. TEMPO / Hilman Fathurrahman W

Langgam.id – Pemerintah Kota Payakumbuh menyiapkan eks kantor wali kota yang berada di Bukik Sibaluik, Ngalau sebegai tempat isolasi mandiri pasien covid-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG).

“Kalau tidak standar hotel bintang 3 ya standar wisma lah. Kita ingin bagaimana masyarakat nyaman selama menempati tempat isolasi yang kita sediakan ini,” kata Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi, Senin (23/8/2021).

Pihaknya akan melakukan beberapa renovasi seperti memberi sekat dan penyediaan kamar mandi. “Bakal ada sekitar 60 orang yang bisa ditampung, bahkan bila dimaksimalkan, bisa menampung hingga 100 orang,” ujarnya.

Tempat isolasi mandiri terpusat ini diharapkan menjadi kontrol bagian pasien OTG covid-19 di Payakumbuh. Karena selama ini, kata Riza, banyak ditemukan pasien OTG isolasi di rumah tapi masih berkeliaran di lingkungannya.

“Kalau mereka diisoman di tempat yang kita sediakan ini, mereka tidak takut lagi, malah kita buat nyaman. Sehingga imun tubuhnya meningkat dan cepat kembali pulih. Tempatnya lapang dan bisa berolahraga di sana,” terangnya Riza.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Bakhrizal mengatakan pihaknya akan menambah petugas untuk ditempatkan di sana.

“Mulai dari makanan, vitamin, dan obat-obatannya bagi pasien OTG kita sediakan, agar nyaman menjalani isolasi. Ambulance juga standby ke rumah sakit bila sewaktu-waktu dibutuhkan,” pungkasnya.

langgam.id


BERITA TERKAIT