Gubernur Riau Duga Kasus Covid-19 Tinggi karena Datang dari Sumbar dan Sumut
LANGGAM.ID | 12/08/2021 12:25
Gubernur Riau Duga Kasus Covid-19 Tinggi karena Datang dari Sumbar dan Sumut
Riau: Kebun Sawit Ilegal dalam Angka

Langgam.id – Gubernur Riau Syamsuar menduga peningkatan kasus Covid-19 di daerah itu berasal dari Sumatra Barat (Sumbar) dan Sumatra Utara (Sumut). Sebab pendatang dari dua provinsi itu meningkat beberapa hari terakhir.

“Dalam beberapa hari ini, kita melihat ada tren, terutama warga yang datang dari provinsi lain. Di mana jumlah kasus positifnya meningkatkan. Ada indikasi yang tinggi datang dari Sumatra Barat dan Sumatra Utara,” kata Syamsuar seperti dikutip dari laman resmi Pemprov Riau, Rabu (11/8/2021).

Hal itu disampaikan Syamsuar menyusul empat daerah di Riau yang berstatus Level 4 penyebaran Covid-19. Keempat daerah itu yakni Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Siak, dan Kabupaten Rokan Hulu.

Dia juga meminta daerah yang berstatus PPKM Level 3 tetap meningkat kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19. Daerah yang menerapkan PPKM Level 3, kata dia, juga perlu membatasi mobilitas masyarakat.

“Kita perlu memberitahukan agar kabupaten kota yang level 3 juga harus berhati-hati, meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan kinerja dan pengawasan yang ketat. Kemudian ikut menyampaikan Prokes dan membatasi mobilitas masyarakat agar kita bisa mengendalikan penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Diketahui, peningkatan kasus positif Covid-19 di Riau juga membuat pemerintah setempat kembali menerapkan penyekatan di perbatasan. Penyekatan itu dilakukan di perbatasan Riau dengan provinsi tetangga yakni Sumbar, Sumut dan Jambi.

“Tadi sudah disepakati, dan masing-masing bupati yang daerahnya di perbatasan provinsi sudah siap untuk melaksanakan penyekatan, dan bahkan sudah ada bupati yang melaksanakan,” ucap Syamsuar.

langgam.id


BERITA TERKAIT