Sumbar Usulkan 4 Geopark Nasional, Targetkan Masuk UNESCO
LANGGAM.ID | 27/06/2021 19:49
Sumbar Usulkan 4 Geopark Nasional, Targetkan Masuk UNESCO
Suasana tenang dan penuh kehijauan dai Lembah Harau, objek wisata yang termasuk wilayah Kabupaten Lima Puluh Kota. Tapi dekat dengan Payakumbuh. (shutterstock.com)

Langgam.id – Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) akan mengusulkan empat calon geopark nasional. Pengusulan itu dilakukan secara bertahap.

“Pemerintah Provinsi Sumatera Barat secara bertahap akan segera mengusulkan Empat Geopark Nasional yaitu Singkarak, Harau, Talamau dan Solok Selatan,” kata Wagub Sumbar Audy Joinaldy dalam akun media sosial, Minggu (27/6/2021).

Audy mengatakan, target akhir dari pengusulan itu yakni pengakuan dari UNESCO. Sebab hal itu akan memberikan manfaat besar bagi masing-masing daerah yang diakui.

“Semoga dengan menjadi Geopark Nasional dan target terakhir adalah Geopark yang diakui oleh UNESCO dapat memberikan dampak positif bagi daerah setempat dari kenaikan jumlah pengunjung hingga peningkatan pendapatan asli daerah (PAD),” ujarnya.

Untuk diketahui, saat ini ada tiga Geopark Nasional di Sumbar yaitu Geopark Sianok Maninjau, Sawahlunto dan Geopark Sijunjung. Kekayaan potensi geologis di Sumbar itu karena berada di jalur pertemuan lempeng Eurasia dan Hindia-Australia serta dilewati oleh jalur patahan besar Sumatra yang menyebabkan terbentuknya keragaman formasi batuan dan bentang alam.

Adapun Geopark Dunia di Indonesia saat ini yang diakui UNESCO yakni Gunung Batur Bali, Gunung Sewu Yogyakarta, Ciletuh Pelabuhan Ratu Jawa Barat, Gunung Rinjani Lombok, Kaldera Toba dan Belitung.

langgam.id


BERITA TERKAIT