Tutup Jam Gadang, Bukittinggi Tetap Buka Tempat Wisata Lain Saat Lebaran
LANGGAM.ID | 30/04/2021 16:23
Tutup Jam Gadang, Bukittinggi Tetap Buka Tempat Wisata Lain Saat Lebaran
Suasana kawasan Jam Gadang yang sepi saat menjelang senja di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Jumat 17 April 2020. Selama masa pandemi COVID-19, tidak ada sama sekali kunjungan wisatawan ke objek wisata aikonik Sumatera Barat itu. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Langgam.id – Pemko Bukittinggi memutuskan akan tetap membuka lokasi wisata saat libur lebaran nanti. Meski begitu, penutupan akan dilakukan di kawasan Jam Gadang.

Hal itu disampaikan Wali Kota Bukittinggi dalam rapat evaluasi penanganan Covid-19, Kamis (29/4/2021). Dia menyebut ada beberapa strategi yang akan dijalankan untuk menyikapi lonjakan Covid-19 dan masa libur lebaran.

“Untuk objek wisata tetap dibuka tapi dilakukan dengan pola pembatasan jumlah pengunjung didalam objek wisata dimana para petugas harus melakukan pengawasan yang ketat,” kata Erman.

“Untuk areal jam gadang akan ditutup dengan dibuat pintu keluar dan pintu masuk agar pengunjung bisa terkontrol,” imbuhnya.

Erman juga meminta aparat lebih tegas memberikan sanksi kepada pelanggar protokol kesehatan. Dia meminta petugas tak hanya memberikan teguran tanpa adanya sanksi nyata terhadap para pelanggar.

“Dalam melakukan pengawasan, teguran dan push up, tidak seperti itu lagi. Kita awasi lalu kedapatan melanggar protokol kesehatan kita tindak langsung, kita angkut lalu diperiksa, bayar denda, beli masker lalu boleh pulang, kurungan juga disiapkan untuk yang melanggar,” kata dia.

langgam.id


BERITA TERKAIT