Sempat Vakum 20 Tahun, Pacu Kuda di Padang Kembali Digelar
LANGGAM.ID | 12/04/2021 18:08
Sempat Vakum 20 Tahun, Pacu Kuda di Padang Kembali Digelar
Para joki bertanding di Arena Pacuan Kuda Pulo Mas dalam pertandingan Pacuan Kuda Talibo Derby 2013, Jakarta, Minggu (10/3). Kejuaraan ini digelar oleh Klub Pacu Kuda Taliabo dan Persatuan Olahraga Berkuda Indonesia (Pordasi) yang diikuti 108 ekor kuda dari berbagai daerah. TEMPO/Subekti

Langgam.id – Pacu kuda kembali digelar di Lintasan Berkuda Marshalling Area Kawasan Tangguh Bencana dan Aero Sport Center Lanud Sutan Syahrir, Kota Padang. Pacuan kembali digelar setelah terakhir dilaksanaka pada 20 tahun silam.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Padang Mursalim Nafis mengatakan, pacu kuda tersebut kembali digelar dalam rangka HUT TNI AU ke 75 tahun.

“Kegiatan ini dilaksanakan tanpa penonton dan dapat disaksikan secara streaming dimulai pukul 11.00 WIB,” katanya.

Ia mengatakan, pacu kuda di Kota Padang kembali bangkit dari tidur panjangnya. “Dengan digelar kembali pacu kuda ini, kita harapkan ke depan pemilik kuda akan ikut pacuan dan menggairahkan lomba pacu kuda. Jadi, kuda tidak lagi sekadar penarik bendi,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah menyambut baik dilaksanakannya pacu kuda ini. Menurutnya ini merupakan event pacu kuda pertama di Indonesia yang dilaksanakan secara streaming tanpa dihadiri penonton.

“Kita harapkan pacu kuda terus digelar bahkan menjadi event nasional maupun internasional nantinya. Kita akan bersinergi dengan Pemerintah Kota Padang,” ucap Mahyeldi.

Ketua Panitia Pacu Kuda Uji Coba Penerapan Protokol Covid-19 Endrizal menyebut, sebanyak 37 ekor kuda mendaftar jadi peserta lomba yang diadakan Sabtu (10/4/2021). Peserta tak hanya datang dari dalam Sumbar, tapi juga dari luar Sumbar.

“Kuda milik gubernur juga ikut. Kudanya diberi nama Stoner dengan joki Jhoni Adrian. Kuda milik gubernur bertarung dari gate 2,” kata Endrizal.

langgam.id


BERITA TERKAIT