IRT Juga Bisa Berbisnis, Ini 7 Ide Usaha Bermodal Kecil
BALIPOST.COM | 05/03/2019 11:13
IRT Juga Bisa Berbisnis, Ini 7 Ide Usaha Bermodal Kecil

DENPASAR, BALIPOST.com – Seorang ibu rumah tangga (IRT) mau memulai bisnis kecil-kecilan? Itu bukan hal baru lagi. Ada banyak ibu rumah tangga yang bisa sukses dengan bisnis kecil-kecilannya.

Bagi kamu yang mau coba, kamu bisa terapkan beberapa ide bisnis di bawah ini. Masalah modal, kamu bisa pinjam di Tunaiku saja nanti bila dana tak mencukupi. Dikutip dari Swara Tunaiku, berikut ini ide bisnis yang bisa dipilih oleh ibu rumah tangga :

1. Bisnis kue

Ide bisnis pertama yang bisa kamu lakoni dari rumah adalah bisnis kue. Bisnis yang satu ini ada banyak jenisnya. Bisa kue kering, kue ulang tahun dan kue pesanan lainnya. Bisnis yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang suka masak dan suka bereksperimen. Prospeknya juga sangat lumayan, lo! Terlebih bila menjelang hari lebaran.

2. Buka pesanan camilan

Selain itu, kamu juga bisa coba bisnis camilan. Ide bisnis yang satu ini bisa kamu mulai dengan camilan sederhana saja. Namun, kalau ingin cepat terkenal dan banyak pembelinya, kamu bisa mulai dengan camilan yang unik. Untuk masalah rasa jangan dilupa, ya! Sebab, kalau rasanya tak karuan, bisnis camilan kamu juga tak akan berkembang.

3. Toko kelontong

Bagi ibu rumah tangga yang ingin memulai bisnis dari rumah juga bisa membuka toko kelontong. Bisnis yang satu ini adalah yang paling mudah dan bisa disambi dengan beragam urusan rumah yang tak ada habisnya. Namun, untuk memulai bisnis yang satu ini, kamu harus pintar mengelola keuangannya.

Jangan campurkan uang hasil bisnis kamu dengan uang pribadi. Kamu juga harusnya menerapkan cara kamu adalah pembeli. Jadi, setiap kamu mengambil apa saja yang ada di warung, kamu harus membayarnya. Cara ini adalah yang harus kamu terapkan agar bisnis toko kelontong ini tetap menghasilkan untung.

Baca juga:  Kamu Milenial yang Ingin Inves di Properti? Simak Tipsnya

4. Tanaman hias

Lalu, bagi yang suka berkebun, bisnis tanaman hias juga bisa dilakoni. Bisnis yang satu ini sangat menguntungkan selama kamu bisa menangkap peluang. Kamu bisa memasarkannya melalui berbagai media baik itu di sekitar tempat tinggal ataupun di media sosial. Ide yang satu ini sangat pas untuk kamu yang doyan berkebun, ya!

5. Pakaian online

Menjual pakaian secara online juga sudah menjamur saat ini. Terlebih di kalangan ibu rumah tangga. Bisnis ini nyaris selalu dicari orang terlebih di dekat hari raya. Kamu bisa menggunakan berbagai platform penjualan toko online untuk mengembangkan usahamu. Asalkan kamu bisa bersaing dengan pasaran, keuntungannya lumayan, lo!

6. Jasa pembuatan mahar

Bagi kamu yang kreatif, membuat usaha jasa pembuatan mahar juga bisa dipertimbangkan. Usaha yang satu ini peluangnya juga menjanjikan karena akan selalu ada orang yang menikah. Kamu bisa memasarkan bisnismu melalui media sosial agar lebih memudahkan calon kustomer kamu menemukannya.

7. Kerajinan tangan

Jenis usaha yang satu ini juga sangat pas untuk ibu rumah tangga yang kreatif dan memiliki waktu luang yang banyak. Kamu bisa bereksprimen dengan banyak karya seperti DIY, tas rajut, souvenir pernikahan dan masih banyak lagi. Prospeknya juga cukup menjanjikan asal kamu bisa menembak pangsa pasar yang benar untuk kerajinan tanganmu.

Itulah beberapa ide bisnis untuk ibu rumah tangga yang bisa dilakukan dari rumah tanpa harus mengganggu pekerjaan utama kamu. Untuk masalah modal, bila kurang, kamu bisa pinjam di Tunaiku saja. Di Tunaiku, kamu bisa dapat pinjaman hingga 20 juta rupiah. (kmb/balipost)

Balipost.com


BERITA TERKAIT