5 Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan Tubuh
JURNABA.CO | 20/07/2019 10:59

Donor darah merupakan kegiatan sosial yang sering dilakukan komunitas maupun perorangan. Mungkin banyak yang belum tahu bahwa donor darah ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja sih Nabs, manfaatnya?

Jika sering datang ke area Car Free Day Bojonegoro, kamu sering melihat mobil PMI Bojonegoro di pojok selatan Alun-alun. Mobil tersebut tak hanya nangkring saja lho Nabs. Mobil tersebut digunakan untuk kegiatan donor darah tiap Minggu pagi.

Banyak orang yang mendonorkan darahnya melalui mobil PMI Bojonegoro tersebut. Menurut Palang Merah Indonesia, selain membantu orang lain, donor darah juga berguna bagi kesehatan tubuh kamu lho Nabs. Apa saja manfaat donor darah bagi tubuh? Berikut ini adalah 5 manfaat donor darah bagi kesehatan tubuh.

1. Produksi Sel Darah Merah Meningkat
Tak perlu panik dengan berkurangnya sel darah merah. Lewat donor darah, kita bisa memproduksi sel darah merah baru. Semua pendonor darah akan mendapatkan pasokan darah baru setiap kali mendonorkan darahnya. Oleh sebab itu, donor darah menjadi cara yang baik nan efektif untuk menstimulasi pembuatan darah baru.

2. Membantu Program Diet
Punya masalah dengan berat badan? Tak perlu risau. Karena donor darah juga bisa menurunkan berat badan. Donor darah punya peran penting dalam pembakaran kalori tubuh. Ketika mendonorkan darah, terjadi proses pembakaran kalori yang cukup signifikan. Oleh karenanya, donor darah bermanfaat dalam program diet kamu.

3. Mendeteksi Penyakit Berbahaya
Dengan donor darah, kita juga bisa memeriksakan kesehatan tubuh kita. Berbagai penyakit bisa dideteksi melalui darah. Jadi, ketika mendonorkan darah jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan kita. Pendeteksian penyakit berbahaya ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan supaya terhindar dari beragam penyakit berbahaya.

4. Menjaga Kesehatan Organ Hati
Kesehatan organ hati juga bisa dijaga melalui donor darah. Kita mungkin sering menyepelekan organ hati. Padahal, organ hati itu penting lho Nabs untuk menjaga kondisi tubuh kita. Dengan donor darah, kita bisa mengetahui apakah organ hati kita dalam kondisi yang baik atau tidak.

5. Mencegah Resiko Penyakit Kanker
Kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya di Indonesia. Penyakit sering diderita oleh masyarakat Indonesia. Banyak cara untuk mencegah penyakit ganas satu ini. Salah satunya adalah dengan pemeriksaan darah. Dengan donor darah, kita bisa melakukan pemeriksaan terhadap resiko penyakit kanker dalam tubuh.

Itu tadi Nabs, 5 manfaat donor darah bagi kesehatan tubuh. Jadi, jangan takut untuk mendonorkan darah kamu. Selain membantu orang lain, donor darah juga berguna bagi kesehatan tubuh.