Cara Mudah Membuat Sendiri Masker Anti Virus Corona Sekelas Masker N95
JATIMPLUS.ID | 20/02/2020 18:07
Cara Mudah Membuat Sendiri Masker Anti Virus Corona Sekelas Masker N95

KEDIRI – Mewabahnya virus corona mengingatkan kita untuk menjaga kebersihan pernafasan. Salah satunya dengan mengenakan masker. Mahalnya harga masker akibat serangan virus corona telah merambah Indonesia. Di Jakarta, harga masker bahkan bisa menembus ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Untuk menyiasati harga masker yang tinggi, tak ada salahnya mencoba masker kain yang bisa digunakan hingga beberapa kali. Dengan kerapatan yang sama, masker kain cukup untuk memfilter udara kotor dan polusi di Indonesia.

Ahli anestesi Taiwan, Dr. Chen Xiaoting memberikan tutorial membuat masker handmade. Melalui akun facebooknya, Dr. Chen menjelaskan teknik membuatnya yang hanya bermodalkan selembar kain dan alat jahit.

Bentuk masker yang dibuat Dr. Chen hampir sama dengan masker kain pada umumnya. Namun ada tiga jenis kain yang digunakan, yakni lapisan kain non anyaman yang kedap air, kain non anyaman tipis yang mampu menyaring udara, dan lapisan kain non anyaman biasa di bagian belakang.

Di antara lapisan itu dibuat lubang untuk memasukkan tissue basah atau tissue kering. Dengan metode ini, menurut dr. Chen, kemampuan penyaringannya hampir menyamai masker N95. Meski demikian, masker ini tidak cocok untuk digunakan lansia yang memiliki penyakit jantung. “Masker ini tidak perlu digunakan ketika berada di wilayah risiko rendah karena memang Anda tidak akan bisa menggunakannya dalam waktu lama,” kata Dr. Chen seperti dikutip laman www.asiaone.com.

Karena bersifat reuse, perlu diperhatikan tingkat kebersihannya. Upayakan untuk selalu menggunakan masker bersih setiap harinya. Sehingga masyarakat perlu memiliki stok cukup untuk digunakan sehari-hari. Jika satu masker sedang dicuci, masih ada simpanan masker yang siap digunakan.

Selain menggunakan masker, yang tidak kalah penting dalam menjaga kondisi kesehatan adalah menerapkan pola hidup sehat. Yakni dengan rajin mencuci tangan setelah bepergian atau saat akan makan, makan makanan yang bergizi, istirahat dan olahraga yang cukup.

Sementara itu penyebaran viruds corona di Indonesia hingga kini masih dinyatakan aman. Masyarakat tidak perlu resah dengan menimbun banyak masker. Penggunaannya pun juga cukup saat bepergian atau di sekitar keramaian.

JATIMPLUS.ID


BERITA TERKAIT