Kawanan Hiu Tutul Kejutkan Pengunjung Pasir Putih Situbondo
JATIMPLUS.ID | 12/02/2019 09:20
Kawanan Hiu Tutul Kejutkan Pengunjung Pasir Putih Situbondo

SITUBONDO – Nelayan dan pengunjung wisata bahari Pasir Putih Situbondo dikejutkan dengan kemunculan kawanan hiu tutul. Meski tak terjadi konfrontasi dengan manusia, kemunculan hiu itu justru menjadi daya tarik wisatawan.

Tak diketahui dari mana asalnya, kawanan hiu tutul ini tiba-tiba muncul di perairan Pasir Putih Situbondo. Menurut warga, hiu itu sudah tampak sejak dua pekan lalu. “Saya sempat melihat mereka. Tapi sekarang sudah mulai jarang terlihat,” kata Zainal Aliyy Musthofa, pemerhati lingkungan lembaga swadaya masyarakat Sahabat Muda Bioconservation (Sambaco) Situbondo kepada Jatimplus, Senin 11 Februari 2019.

Menurut Zainal, kawanan hiu itu cukup besar dan bergerak dalam kawanan. Jarak kemunculan mereka juga cukup dekat dengan bibir pantai hingga menjadi daya tarik wisatawan. Pengunjung yang penasaran bisa melihat lebih dekat menggunakan jasa perahu nelayan. Biasanya hiu itu muncul pada pagi dan sore hari.

BACA JUGA: Matinya Toko Buku Digerus Lapak Online

Zainal menjelaskan kemunculan kawanan hiu tutul ini diperkirakan akibat melimpahnya plankton di perairan itu. Mereka kerap melintas di perairan Situbondo dan tak membuat nelayan takut. Hingga kini belum ada konfrontasi atas kemunculan hiu itu dengan nelayan. Keberadaan mereka bahkan meluas hingga perairan Panarukan.

Wakil Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah Kabupaten Situbondo Eko Kintoko mengaku senang atas hadirnya hiu tutul ini. Fenomena ini justru menunjukkan jika kondisi perairan laut Wisata Bahari Pasir Putih Situbondo dalam kondisi bersih dan sehat. “Lingkungan laut kita berarti bagus hingga memicu banyaknya sumber makanan mereka,” terang Eko kepada Antara.

BACA JUGA: Buku NU Organisasi Radikal Beratkan Siswa di Blitar

Hiu tutul adalah sebutan masyarakat kepada spesies bernama latin Rhincodon Typus. Dia adalah jenis hiu pemakan plankton dengan spesies ikan terbesar. Masyarakat di perairan Jawa juga kerap memanggilnya sebagai Geger Lintang.

Baca selengkapnya di JATIMPLUS.ID


BERITA TERKAIT